Hiu Bambu Ini Bisa Bertelur Tanpa Pejantan


Rabu, 10 Februari 2016
Label:

[Sains Box] Hiu betina di sebuah pusat kehidupan laut UK telah meletakkan dua telur meski diketahui tidak memiliki kontak dengan pejantan. Hiu bambu putih itu tiba di Great Yarmouth Sea Life Center pada tahun 2013 yang lalu, dianggap menjadi satu-satunya anggota dari spesiesnya di fasilitas tersebut sejak saat itu.

Berita ini muncul hanya beberapa hari setelah pengumuman bahwa ada hiu di Jerman, yang diketahui dapat melahirkan meskipun perawan, ia rencana akan melahirkan keturunannya sendiri di sebuah fasilitas penelitian di Munich.

Hiu Bambu Ini Bisa Bertelur Tanpa Pejantan

Baca Juga:

"Proses ini disebut partenogenesis, dan telah lama diketahui terjadi pada ayam domestik dan beberapa reptil, tapi tidak tercatat di hiu sampai tahun 2008," kata ahli hiu, Darren Gook.

"Entah bagaimana si betina ini berhasil menambahkan set ekstra kromosom telur mereka untuk menghasilkan keturunan yang baik klon atau setengah-klon dari diri mereka sendiri."

Hal ini tidak jelas persis mengapa dapat terjadi. Namun satu kemungkinannya adalah bahwa itu merupakan sesuatu yang muncul untuk membantu menjamin kelangsungan hidup spesies tertentu ketika jumlahnya semakin berkurang. Sehingga mengurangi angka kemungkinan untuk hiu jantan dan betina dapat bertemu satu sama lain di alam liar.

"Proses pembuahan tunggal ini telah tercatat pada hiu bonnethead, hiu blacktip dan hiu zebra, serta hiu bambu putih berbintik," kata Gook. "Sempat diasumsikan keturunan yang lahir dengan cara ini tidaklah subur dan akan cepat mati, tapi melihat peristiwa di Jerman saat ini, asumsi tersebut pun terbantahkan."

Ini merupakan salah satu keajaiban dari Tuhan...

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. wuih, apakah mungkin?
    baru tau kalau ada hewan yang bisa berkembang biak tanpa kawin

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya ada contoh gampangnya, yaitu cacing. Justru saya baru tau hiu jg bisa seperti itu.

      Hapus