Sa-Nakht, Firaun Mesir Kuno yang Bertubuh 'Raksasa'


Selasa, 08 Agustus 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sa-Nakht, Firaun Mesir Kuno yang Bertubuh 'Raksasa'

Kerangka yang terawetkan dengan baik milik Sa-Nakht, seorang firaun Mesir kuno, menunjukkan bukti gigantisme yang jelas.

Kisah para raksasa memang telah berkembang dalam budaya di seluruh dunia selama ribuan tahun, namun kini sebuah studi baru telah mengungkapkan apa yang mungkin merupakan raksasa sejati yang paling awal dikenal, yaitu seorang firaun di Mesir kuno yang dikenal sebagai Sa-Nakht, ia berdiri setinggi 6 kaki, sebuah ukuran yang pada saat itu pasti sangat mengerikan.

Baca Juga:

Pertama kali ditemukan di sebuah makam di Beit Khallaf pada tahun 1901, kerangka penguasa kuno ini sejak itu telah berusia sekitar 4.700 tahun sampai Dinasti Ketiga Mesir.

Sa-Nakht, Firaun Mesir Kuno yang Bertubuh Raksasa

Sebuah analisis baru-baru ini tentang tulang-tulangnya telah menunjukkan bukti gigantisme, yaitu suatu kondisi yang bertanggung jawab atas pertumbuhan abnormal yang menyebabkan seseorang dapat tumbuh berbeda dari yang lain, yang paling sering disebabkan oleh tumor pada kelenjar pituitari.

Hal ini membuat Sa-Nakht menjadi kasus paling awal dari adanya penyakit ini dan yang pertama diketahui sebagai 'manusia raksasa'.

Sa-Nakht, Firaun Mesir Kuno yang Bertubuh Raksasa

Sa-Nakht, Firaun Mesir Kuno yang Bertubuh Raksasa

"Mempelajari perkembangan evolusioner penyakit sangatlah penting untuk pengobatan saat ini," kata rekan penulis studi Michael Habicht dari Institute of Evolutionary Medicine dari Universitas Zurich.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar