Kini, AS Sudah Melegalkan Pertambangan Ruang Angkasa


Sabtu, 14 November 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah RUU AS yang baru telah disetujui dimana memungkinkan bagi perusahaan di AS untuk menambang sumber daya alam dari asteroid. Belum lama ini memang pertambangan ruang angkasa selalu dianggap sebagai wilayah abu-abu hukum, paling tidak karena hukum yang ada tidak memungkinkan bagi siapa pun untuk mengklaim kepemilikan atas apapun yang ditemukan di ruang angkasa.

Untuk mengatasi hal ini, senat AS telah memutuskan untuk menyetujui RUU baru yang disebut sebagai 'U.S. Commercial Space Launch Competitiveness Act', antara lain, akan membuat komersial bagi perusahaan menambang asteroid dan memperoleh keuntungan dari bahan-bahan yang berhasil mereka dapatkan.

"RUU ini memberikan dorongan bagi mitra ruang angkasa pribadi di Amerika, karena mereka akan memimpin dunia ke masa depan," kata Perwakilan Texas, Lamar Smith.

Kini, AS Sudah Melegalkan Pertambangan Ruang Angkasa

Baca Juga:

"RUU ini juga akan menjaga teknologi kedirgantaraan Amerika di garis depan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi birokrasi, mempromosikan keselamatan, dan menginspirasi generasi penjelajah berikutnya."

Sektor ruang angkasa pribadi telah maju pesat selama beberapa tahun terakhir dengan munculnya perusahaan seperti SpaceX, Virgin Galactic dan Planetary Resources, semuanya memakai teknologi komersial yang berkembang dengan tujuan mengubah ruang angkasa dalam sebuah usaha yang menguntungkan.

"Bertahun-tahun dari sekarang, kita akan melihat momen penting ini dalam waktu sebagai langkah besar menuju kemanusiaan menjadi spesies multi-planet," kata Planetary Resources Co-Chairman, Eric Anderson.

"Undang-undang ini sama saja menetapkan kerangka yang mendukung terciptanya ekonomi besar dalam sejarah, dan itu akan mendorong perkembangan ruang angkasa yang berkelanjutan."

Untuk itu, siap-siaplah sekarang juga bagi Anda yang ingin membuka pertambangan di ruang angkasa. Jangan lupa siapkan peralatannya sebaik mungkin.

Nah, apakah Indonesia ingin menyusul?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar