Benarkah, Video ini Membuktikan Kalau Bumi Bernafas?


Kamis, 12 November 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah rekaman video baru telah muncul yang memperlihatkan keadaan tanah bergerak-gerak naik-turun ibarat melihat dada seseorang yang sedang bernafas. Apakah ini menunjukkan kalo Bumi juga bernafas? Atau ada penjelasan lain?

Video yang dibuat dengan melalui ponsel ini mengambil sebuah tempat di hutan Kanada. Lebih tepatnya di Apple River provinsi Nova Scotia. Rekaman yang dibuat oleh Brian Nuttall adalah rekaman yang mengabadikan sebuah fenomena langka yang aneh serta menyeramkan. Dimana nampak tanah yang bergerak naik-turun berirama layaknya orang yang bernafas.

Benarkah, Video ini Membuktikan Kalau Bumi Bernafas?

Sejak rekaman ini muncul di dunia maya, telah dilihat lebih dari tiga juta kali. Banyak yang bilang ini merupakan gambaran sesuatu yang menyeramkan dan menakutkan, bahkan ada beberapa pengguna yang tidak mau menontonnya sampai akhir. Mereka ketakutan.

Namun, menurut Brian Nuttall, ada penjelasan sederhana untuk fenomena gerakan tanah ini.

Baca Juga:

"Saya yakin pohon besar yang menyebabkan gerakan tanah naik-turun saat diterpa angin, namun pohon-pohon kecil di sekitar mereka membantu memegang satu sama lain, seiring angin yang terus mendorong pohon ke satu sama lain," katanya.

"Angin yang bertiup kencang terus mendorong pepohonan besar ke sisi bukit, menyebabkan akar-akar mereka menjadi longgar dengan tanah berlumut, sehingga tanah seolah nampak naik dan turun berirama dengan hembusan angin, lambat laun pepohonan besar itu bisa saja terguling.”

Hmm, penjelasan yang masuk akal. Jadi ini semua ulah angin yang berhembus kencang, bukan Bumi yang sedang bernafas. Tapi ngeri juga melihat videonya. Penasaran ingin lihat? Yuk diintip di bawah ini:

VIDEO BUMI BERNAFAS?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(sky)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Ngeri juga ya kang tanah bisa begerak seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Indra, kebalikan dari gempa, kalo gempa bergoyang, kalo ini naik turun.

      Hapus