Buaya Dapat Tidur Dengan Satu Mata Terbuka


Sabtu, 24 Oktober 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Buaya dianggap mampu menjaga pengawasan yang ketat bahkan ketika mereka tampaknya tertidur lelap. Para ilmuwan di Australia menemukan penemuan baru saat mengamati perilaku buaya remaja seharian penuh yang sedang disimpan di dalam akuarium khusus dilapisi dengan kamera inframerah.

Selama studi hewan tersebut menunjukkan kecenderungan untuk menjaga salah satu dari matanya agar tetap terbuka saat tidur ketika ada manusia di ruangan yang sama dengan mereka, perilaku yang tampaknya menunjukkan bahwa mereka mampu untuk terus waspada terhadap keadaan di sekitar mereka yang berpotensi ancaman saat mereka tidak sadar.

Buaya Dapat Tidur Dengan Satu Mata Terbuka

Baca Juga:

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa buaya dapat tidur hanya dengan satu belahan otak pada suatu waktu, suatu perilaku yang juga telah diamati pada burung, lumba-lumba dan beberapa spesies lainnya.

"Bagi saya, hal yang paling menarik tentang hasil ini adalah mereka menyediakan beberapa bukti untuk berpikir bahwa cara kita tidur mungkin menjadi novel, dalam hal evolusi," kata penulis senior John Lesku.

"Kita cenderung berpikir tidur kita sebagai norma. Sebuah perilaku yang mematikan seluruh urusan otak"

Buaya Dapat Tidur Dengan Satu Mata Terbuka

Jika burung tidur secara unihemispherically (setengah tertidur), dan jika buaya serta reptil lainnya juga melakukan hal yang sama dengan membuka satu matanya, dibandingkan dengan cara tidur kita (manusia), ini adalah luar biasa.”

Untuk itu, ini sebagai pelajaran yang berharga, jangan pernah menganggap sepele buaya yang terlihat seperti tertidur, padahal belum tentu demikian.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. lihatnya saja sudah ngeri . apa lagi lewat pada saat dia tidur hehehe ngeri juga ya mas kalau buaya tertidur tapi matanya buka satu ehhe

    BalasHapus
  2. Itu tidur apa ngedipin matanya ya om :D

    BalasHapus