Ekspedisi Untuk Ungkap Misteri Mekanisme Antikythera


Minggu, 30 Agustus 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah ekspedisi baru di Yunani berharap dapat menemukan fragmen lain sisa-sisa dari mekanisme Antikythera yang misterius. Mekanisme Antikythera dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologi yang paling penting dari semua waktu, perangkat yang luar biasa ini sudah berusia 2.000 tahun dan diyakini merupakan bentuk awal komputer astronomi.

Perangkat ini ditemukan dalam kapal karam di lepas pulau Yunani, Antikythera. Mekanisme itu ditemukan bersama sejumlah artefak lainnya termasuk koin, perhiasan, tembikar dan fragmen patung.

Ekspedisi Untuk Ungkap Misteri Mekanisme Antikythera

Baca Juga:


Kini dengan harapan dapat menemukan potongan-potongan lain dari mekanisme ini, sekelompok tim arkeolog sedang mempersiapkan diri untuk menyelam kembali ke kapal karam tersebut untuk pertama kalinya sejak cuaca buruk menggagalkan upaya mereka tahun lalu.

Mereka bahkan telah berspekulasi bahwa kapal itu bisa saja membawa bukan hanya satu tapi dua mekanisme terpisah yang digunakan bersama-sama untuk membantu pelaut kuno memprediksi pergerakan planet.

Ekspedisi Untuk Ungkap Misteri Mekanisme Antikythera
Benda lain yang ditemukan bersama mekanisme Antikythera

Ekspedisi Untuk Ungkap Misteri Mekanisme Antikythera

Apakah ekspedisi penyelam akan dapat menemukan serpihan mekanisme yang kedua namun masih menunggu hasil berikutnya.

"Kami terkejut menemukan bangkai kapal itu jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya, dengan panjang sekitar 30 hingga 50 meter," kata pemimpin ekspedisi Brendan Foley.

"Kayu lambungnya memiliki ketebalan 11 cm. Mungkin hal inilah penyebab kecelakaan besar itu terjadi bahkan melebihi kapal tongkang Caligula yang dibangun untuk danau buatan dan mereka adalah kapal era Romawi terbesar yang telah diketahui."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar