Katadesmoi, Mantra Penangkal Zombie Yunani Kuno


Kamis, 25 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Konsep orang mati dapat bangkit kembali dari kubur mereka tentu tidaklah unik untuk sebuah film, hingga saat ini pun kisah tentang zombie masih menjadi topik menarik khususnya dalam film horor.

Namun kepercayaan tentang adanya mayat hidup ini ternyata juga dipercayai oleh orang-orang Yunani Kuno. Hal ini terbukti dari hasil penemuan arkeolog Sisilia Tenggara dekat sebuah pemakaman kota pesisir Kamarina menemukan beberapa kerangka mayat yang berasal dari Yunani Kuno sengaja diberi benda pemberat, cara ini diperkirakan untuk memastikan mereka tidak akan pernah mampu bangkit kembali dari kematian.

Katadesmoi, Mantra Penangkal Zombie Yunani Kuno

Baca Juga:

Salah satu orang tampaknya telah meninggal karena penyakit misterius sehingga menimbulkan kekhawatiran masal, yang menyebabkan timbulnya kepercayaan tentang mayat yang bisa hidup kembali. Untuk menutup kekhawatiran inilah mereka pun menempatkan beberapa fragmen keramik besar tepat di atas mayat tersebut.

Sementara mayat kedua, diperkirakan milik seorang remaja, ada lima batu-batu besar yang disematkan diatasnya. Untuk tujuan apakah hal ini?

"Necrophobia, atau takut pada orang mati, adalah sebuah konsep yang telah hadir dalam budaya Yunani dari periode Neolitik hingga saat ini," kata arkeolog, Carrie Sulosky Weaver.

Katadesmoi, Mantra Penangkal Zombie Yunani Kuno
Katadesmoi

Katadesmoi, Mantra Penangkal Zombie Yunani Kuno

Anehnya ada juga indikasi bahwa beberapa penduduk setempat telah berusaha melakukan ritual tersebut untuk memanggil orang mati. Tablet (yang dikenal sebagai 'Katadesmoi') ditranskripsikan dengan mantra dan kutukan juga ditemukan di situs tersebut. Tulisan mantra dan kutukan itu ditulis pada sebuah gulungan timah.

"Tablet yang terkandung petisi ini ditujukan kepada orang mati di dunia lain, hal ini konon katanya akan dapat memerintahkan roh-roh orang mati untuk memenuhi permintaan pemohon," kata Weaver.

"Meskipun tindakan ini tampak bertentangan, bersama-sama mereka memberikan kesaksian yang kuat tentang cara di mana orang-orang Yunani kuno menghadapi orang mati."

Apakah saat itu benar-benar ada zombie? Masih menjadi misteri...

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. mantranya itu yang digambar mas?serem juga jika bnar zombie ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya sob... serem bgt tuh..

      Hapus