Por Bajin, Reruntuhan Kuno Misterius di Siberia


Rabu, 15 April 2015
Label: ,

[Sains Box] Sebuah pulau kecil di danau Siberia yang terpencil adalah rumah bagi reruntuhan batu yang tetap diselimuti misteri. Reruntuhan yang terkenal dengan nama 'Por Bajin' itu diyakini dibangun sekitar 1.300 tahun yang lalu antara 744 dan 840 Masehi. Reruntuhan kuno ini pertama kali dieksplorasi pada tahun 1891, hingga sekarang masih belum bisa dipastikan untuk tujuan apa tempat itu dibangun, dan mengapa ditinggalkan.

Beberapa peneliti percaya bahwa pulau tersebut mungkin pernah menjadi tuan rumah sebuah kuil Buddha atau Manichaean, sementara yang lain berpendapat bahwa itu adalah situs dari sebuah istana musim panas pada masa Kekaisaran Uighur.

Por Bajin, Reruntuhan Kuno Misterius di Siberia

Baca Juga:

Pendapat lain juga mengatakan mungkin tempat tersebut merupakan sebuah observatorium kuno atau benteng pertahanan.

Semakin banyak spekulasi dan pendapat yang mengungkapkan tempat itu, namun tidak satu pun yang benar-benar mengungkap misteri reruntuhan kuno itu. Ditambah lagi, dengan adanya misteri yang menunjukkan bahwa penduduk meninggalkan pulau itu tidak lama setelah konstruksi selesai, namun tidak ada indikasi mengapa mereka melakukan hal itu.

Por Bajin, Reruntuhan Kuno Misterius di Siberia

Por Bajin, Reruntuhan Kuno Misterius di Siberia

Bahkan letak dari dibangunnya situs pun tetap menjadi bahan perdebatan hingga kini, apakah danau yang ada disekitar ditus itu sengaja dibuat setelah situs itu dibangun, jika iya, apasti ada tujuan tertentu dibalik itu semua.

Apapun kasusnya, Por Bajin akan tetap menjadi misteri dunia selama bertahun-tahun yang akan datang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. orang luar negri mah rajin banget yah mas menelitinya.hehe
    kalo yang kuno gini pasti dicari-cari karna nilai sejarah tentunya..

    BalasHapus