Large Hadron Collider Memulai Misi Barunya


Senin, 06 April 2015
Label:

[Sains Box] Setelah absen dua tahun, CERN akhirnya selesai mengupgrade mesin pukulan keras atomnya untuk dioperasikan kembali.

Setelah sebelumnya mereka berhasil menemukan Higgs boson pada tahun 2012, Large Hadron Collider ditutup sementara untuk menjalani upgrade dengan melakukan penggandaan kapasitas tabrakan maksimum.

Large Hadron Collider adalah sebuah alat yang konon diperkirakan bisa menciptakan lubang hitam mini yang selama ini menjadi sebuah misteri pembentuk alam semesta yang belum terpecahkan hingga saat ini. Bahkan dulu sempat beredar isu pula bahwa Large Hadron Collider akan menjadi cikal bakal sebuah mesin lorong waktu. Benarkah itu?

Large Hadron Collider Memulai Misi Barunya

Baca Juga:

Sekarang pihak pemiliknya, CERN, sudah melakukan proses upgrade hingga mampu mencapai tingkat daya 14 teraelectronvolts, yang menjadikannya sebagai akselerator partikel terbesar di dunia. Kini, ia akan memulai misi barunya untuk mengeksplorasi batas-batas yang belum dipetakan dalam fisika partikel dan membuka rahasia materi gelap, substansi teoritis yang dapat membuat sebagian besar massa di alam semesta ini.

"Hari ini pukul 08:42 GMT sinar proton akan kembali dilepaskan dalam 27 kilometer (17 mil) lorong berbentuk cincin, diikuti dengan pelepasan sinar kedua pada pukul 12:27 yang mana nantinya akan berputar ke arah yang berlawanan," kata CERN dalam sebuah pernyataan.

Large Hadron Collider Memulai Misi Barunya

"Tapi langkah yang paling penting masih akan dilakukan mendatang ketika kita meningkatkan energi balok ke tingkat rekor baru."

Hmm, apakah kali ini misi mereka akan berhasil? Atau ketakutan sebagian orang yang menyebutkan bahwa jika alat ini tidak berhasil, maka akan membawa bencana bagi planet Bumi sendiri. Kita berdoa saja, itu tidak akan terjadi.

Mau lihat video beritanya? Lihat dibawah ini:

LIHAT VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar