CERN aktifkan kembali Mesin Pembuat Black hole


Senin, 15 Desember 2014
Label: ,

[Sains Box] Setelah sebelumnya mesin Large Hadron Collider (LHC) yang dibangun oleh CERN di Jenewa ini disebut-sebut sebagai mesin pembuat malapetaka bagi kehancuran dunia, pernah mengalami berbagai macam kendala saat diaktifkan. Mulai dari isu adanya burung merpati yang menyebabkan beberapa kerusakan pada mesin tersebut, hingga hal-hal lainnya yang tidak disebutkan.

Konon katanya, mesin LHC yang dibangun dibawah tanah ini akan dapat membuat sebuah lubang hitam (black hole) mini yang nantinya menjadi cikal bakal dari mesin waktu. Nah, setelah mengalami beberapa perbaikan pada mesin yang rusak hingga mengupgradenya, kini CERN resmi mengumumkan akan mengaktifkan kembali mesin LHC ini pada bulan Maret 2015 mendatang. Apakah akan berjalan sukses, atau sebaliknya? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

CERN aktifkan kembali Mesin Pembuat Black hole

Akselerator partikel terbesar di dunia ini sudah diatur kembali dengan kekuatan dua kali lipat dari sebelumnya.

Setelah pada percobaan pertama mereka berhasil menemukan sebuah partikel Higgs boson yang katanya disebut-sebut sebagai 'partikel Tuhan'. Kini para fisikawan yang sudah bekerja keras selama dua tahun lebih di CERN ini menyatakan bahwa CERN sudah siap kembali mengaktifkan mesin tersebut. Mereka sudah melakukan upgrade pukulan keras atom raksasa hingga dua kali tingkat energi dari yang sebelumnya.

CERN aktifkan kembali Mesin Pembuat Black hole

CERN aktifkan kembali Mesin Pembuat Black hole

CERN aktifkan kembali Mesin Pembuat Black hole

Menurut mereka, pekerjaan yang sudah dilakukan sekarang ini sudah berada pada posisi “siap” untuk memulai set berikutnya, yaitu tabrakan partikel pada bulan Maret tahun depan, meraka berharap, hal ini dapat membuka pintu bahkan lebih banyak penemuan baru lagi.

"Dengan tingkat energi baru ini, (collider) akan membuka cakrawala baru untuk fisika," kata Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN. "Aku tak sabar untuk melihat apa yang alam berikan untuk kita."

Beberapa hal yang akan tim lakukan kali ini, diantaranya akan mencari petunjuk baru tentang sifat materi gelap dan pemahaman yang lebih baik dari blok pembangun alam semesta.

Hmm, semoga berhasil dan tidak menimbulkan bencana apapun seperti yang sudah diisukan oleh banyak orang.

Good Luck CERN... !!!  ^_^)b

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

3 komentar:

  1. 2054 Bumi kiamat ! Karena Hadron Collider akan diluncurkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudku akan menumbukkan proton...

      Hapus
    2. semoga saja tidak terjadi apa2... memang kalo black hole benar2 akan tercipta, hancurlah Bumi

      Hapus