Kini, Simpanse Mulai Mahir Membuat Tombak


Jumat, 17 April 2015
Label:

[Sains Box] Simpanse di sebelah Tenggara Senegal telah menjadi sangat mahir membuat senjata mereka sendiri. Mungkin hal ini mengingatkan kita pada sebuah film "Planet of the Apes", tapi untuk saat ini, tampaknya manusia bukanlah lagi menjadi satu-satunya primata di planet ini yang mampu menciptakan dan menggunakan senjata untuk berburu dan membunuh mangsanya.

Antropolog mengamati perilaku simpanse di wilayah yang disebut Fongoli di Afrika Barat dan mencatat bahwa simpanse disana telah mengembangkan kemampuan untuk menyusun dasar namun efektif sebuah tombak dengan memutus cabang-cabang pohon, melucuti semua ranting dan kemudian menggerogoti ujungnya dengan gigi mereka untuk membuatnya ke titik yang tajam.

Kini, Simpanse Mulai Mahir Membuat Tombak

Baca Juga:

Tim juga menemukan bahwa simpanse betina menggunakan tombak jauh lebih sering daripada simpanse jantan yang cenderung lebih mengandalkan ukuran dan kekuatan fisik mereka saat berburu.

"Dalam sejumlah spesies primata, betina adalah inovator dan pengguna alat yang lebih sering, jadi saya pikir ada kemungkinan bahwa spesies betina diciptakan memiliki teknik ini," kata pemimpin penulis studi Dr Jill Pruetz.

Ini demonstrasi yang luar biasa dari penggunaan alat pada primata yang juga dianggap mencerminkan bagaimana beberapa leluhur kita pertama kali belajar, bagaimana membangun senjata untuk membantu mereka berburu mangsa.

Ini adalah awal evolusi baru dalam dunia mereka.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

(abc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. wah, gimana kalo mereka bs jd pintar kyk di film itu sob? bahaya gak?

    BalasHapus