Akuifer di Mars Ditemukan Mirip di Antartika


Kamis, 30 April 2015
Label:

[Sains Box] Dataran rendah Lembah Taylor di Antartika mungkin tampak seperti tempat yang dingin, kering dan tidak ramah, namun jauh di bawah permukaan tundra beku sekarang diyakini terdapat ekosistem yang luas yang terdiri dari akuifer asin yang membentang lebih dari jarak 11 mil. Dengan kemungkinan ini, maka para ilmuwan yakin jika benar ditemukan adanya ekosistem, hal ini berarti kita akan semakin dekat menemukan kehidupan di dunia lain, misalnya di Mars.

Temuan ini memang memiliki kemiripan sangat dekat dengan lapisan bawah permukaan tipis cairan asin yang baru ditemukan oleh rover Curiosity di Mars dan mungkin juga memiliki implikasi bagi kehidupan di dunia lain.

Akuifer di Mars Ditemukan Mirip di Antartika

Baca Juga:

"Akuifer bawah permukaan yang telah kita lihat adalah analog potensi untuk memahami sistem Mars," kata pemimpin peneliti Jill Mikucki. "Kami masih harus banyak belajar tentang sistem lembah akuifer kering, tetapi mereka tampaknya terkait dengan perubahan iklim."

Para ilmuwan sekarang berencana untuk memperluas upaya survei mereka dari bawah permukaan Antartika menggunakan helikopter untuk memindai limbah beku dengan perangkat yang dikenal sebagai sensor elektromagnetik sementara yang menghasilkan medan magnet penembus tanah yang mampu mengidentifikasi material yang ada di bawah permukaan.

Akuifer di Mars Ditemukan Mirip di Antartika

Akuifer di Mars Ditemukan Mirip di Antartika

"Salah satu pertanyaan besar sekarang adalah, apakah temuan ini hanya pada regional tertentu, atau ada banyak lokasi di Antartika dimana kita memiliki kondisi yang telah menciptakan lingkungan bawah permukaan ini untuk hidup," kata ahli ekologi ekosistem Ross Virginia.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar