Pengobatan Alami untuk Bibir Pecah-pecah


Senin, 08 Desember 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pergantian musim dari panas ke dingin seringkali menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan organ tubuh kita. Salah satunya adalah bibir pecah-pecah. Adanya cuaca dingin dan kering kerapkali membuat kulit di bibir menjadi terlihat retak-retak. Hal ini tentunya selain akan membuat kita tidak merasa nyaman juga akan menimbulkan rasa perih ketika bibir kita bersentuhan dengan makanan.

Terutama bagi kaum hawa, masalah ini bukan lagi menjadi masalah yang kecil, karena bagi mereka bibir yang seksi dan halus akan semakin menambah kecantikan wajah mereka. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini cara alami untuk mencegah dan menyembuhkan bibir pecah-pecah:

Pengobatan Alami untuk Bibir Pecah-pecah

1. Cara Alami untuk Mencegah Bibir Pecah-pecah

  • Asupan Vitamin: Kekurangan vitamin B, zat besi ataupun asam lemak esensial dapat menyebabkan bibir retak dan serpihan. Jika diet Anda menyebabkan kurangnya vitamin ini, maka dianjurkan untuk minum multivitamin
  • Minum Air: Untuk menjaga bibir Anda dari dehidrasi, maka perbanyaklah asupan air selama musim dingin.
  • Melembabkan: Untuk bisa membuat suasana menjadi lebih lembab sehingga kulit bibir pun ikut terjaga kelembabannya, maka ruangan di rumah Anda pun harus dijaga pula kelembabannya, dengan cara menjalankan humidifier, yaitu perangkat untuk menjaga suasana lembab di kamar.
  • Memakai Balsem Bibir: Sebelum bibir menjadi pecah-pecah, oleskan lip balm setiap hari. Gunakan salah satu, setidaknya SPF 16 untuk melindungi bibir dari sinar matahari yang merusak.
  • Berhenti menggigit: Kebiasaan buruk seperti melukai kulit dengan menutupi bibir Anda, justru dapat meningkatkan kemungkinan bibir akan mengering.
  • Hati-hati memilih lipstik: Lip stains dan pewarna bibir lainnya dapat mengeringkan bibir. Sebaliknya, gunakan lipstik krim yang lebih hydrating (mudah menyerap air).
  • Hindari Eucalyptus, Menthol, dan Kamper: Mereka dapat mengeringkan dan membuat iritasi pada bibir.

2. Cara Alami untuk Menyembuhkan Bibir Pecah-pecah

Jika bibir Anda pecah-pecah, Anda harus segera melembabkan dan menyembuhkannya untuk mencegah bibir Anda dari timbulnya perdarahan.

Berikut adalah bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menggosok pada bagian kulit bibir Anda yang mengerut dan mengupas:
  • Minyak Kelapa: Bahan alami ini dapat melembutkan dan melembabkan bibir.

Pengobatan Alami untuk Bibir Pecah-pecah

  • Irisan mentimun: Irisan mentimun memberikan air dan vitamin C ke bibir, yang membantu melembabkan dan melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Gel lidah buaya: Gel ini dapat menarik uap air ke bibir dan memberikan minyak esensial yang mengembangkan produksi elastin dan kolagen.
  • Sebum: Substansi berminyak di bawah dan di sisi hidung. Menurut Howstuffworks, sebum dapat dijadikan sebagai pelembab alami. Cara mendapatkannya: Bersihkan tangan Anda, gosok jari Anda di sepanjang permukaan hidung, dan mengoleskan sebum pada bibir Anda.
  • Balsem Bibir Cocoa: Tidak cocok dengan lemak hidung? Mungkin, Anda dapat membuat yang lain secara alami, yaitu dengan menggabungkan cocoa butter, lilin lebah dan minyak zaitun, sehingga diperoleh lip balm yang alami.

Nah, itulah cara mencegah dan mengobati bibir pecah-pecah secara alami. Bibir pecah-pecah tentu sangat mengganggu penampilan Anda, apalagi jika sampai mengeluarkan darah, pasti akan terasa sakit dan bisa berdampak kepada timbulnya penyakit yang lain. Untuk itu, berusahalah agar bibir Anda selalu terjaga kelembabannya. Atau gunakanlah cara alami seperti yang disebutkan di atas.




sign


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar