Berkat Ilmuwan Ini, Tanaman Bayam Bisa Mengirim Email


Kamis, 04 Februari 2021
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Berkat Ilmuwan Ini, Tanaman Bayam Bisa Mengirim Email

Percobaan baru-baru ini telah menghasilkan tanaman bayam yang mampu mengirimkan informasi melalui jaringan. Eksperimen yang tidak ortodoks menyangkut area penelitian teknologi yang relatif khusus yang dikenal sebagai nanobionik tanaman yang menggabungkan nanoteknologi dengan biologi tanaman untuk mencapai hal-hal baru.

Studi tersebut, yang dilakukan oleh para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), awalnya berfokus pada menemukan cara menggunakan tumbuhan untuk mendeteksi bahan peledak, tetapi kemudian berkembang menjadi menggunakannya untuk mempelajari tentang lingkungan dan menyampaikan informasi itu kembali ke ponsel.

Baca Juga:

Berkat Ilmuwan Ini, Tanaman Bayam Bisa Mengirim Email
Ilustrasi tanaman bayam dan mengirim email, benarkah bayam bisa mengirim email?
---------

"Di sini, kami mendemonstrasikan bahwa tanaman bayam hidup dapat direkayasa untuk berfungsi sebagai pra-konsentrator mandiri dan autosampler analit dalam air tanah ambien dan sebagai platform komunikasi inframerah yang dapat mengirimkan informasi ke smartphone," tulis penulis studi tersebut.

Jelas kita tidak berbicara tentang meminta tanaman bayam mengetik email dalam pengertian konvensional - sebaliknya perpaduan biologi dan nanoteknologi telah memungkinkan data sensorik dari bayam untuk dikomunikasikan dengan cara yang dapat diambil dan dianalisis oleh ilmuwan manusia.



"Tanaman adalah ahli kimia analitik yang sangat baik," kata pemimpin penulis studi Profesor Michael Strano. "Mereka memiliki jaringan akar yang luas di dalam tanah, terus-menerus mengambil sampel air tanah, dan memiliki cara untuk mengalirkan air itu sendiri ke dedaunan."

"Ini adalah demonstrasi baru tentang bagaimana kami telah mengatasi penghalang komunikasi tumbuhan / manusia."

Mungkin di masa depan, tumbuhan akan digunakan untuk mengambil dan menyampaikan semua jenis informasi halus, membuat kita tetap mengetahui keadaan planet kita secara lebih rinci daripada yang mungkin sebelumnya.

Tonton video studi ini dibawah.

Video Studi Baru Bayam Bisa Kirim Email

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Una entrada muy interesante y que hace reflexionar Wawan.

    Saluditos.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.