Filter Graphene Bisa Membuat Air Laut Dapat Diminum


Sabtu, 17 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Filter Graphene Bisa Membuat Air Laut Dapat Diminum

Para ilmuwan telah mengembangkan jenis filter air baru yang bahkan bisa membuat air laut yang tercemar pun dapat diminum. Wow! Dikembangkan oleh peneliti di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), filter ini menggunakan jenis graphene dan dikenal dengan nama 'Graphair' yang terbuat dari minyak kedelai.

Graphene sendiri sering disebut-sebut sebagai 'bahan ajaib' yang memiliki kekuatan sampai 200 kali lebih kuat dari baja terkuat sekalipun dan merupakan konduktor listrik lebih baik dari pada tembaga.

Baca Juga:

Filter Graphene Bisa Membuat Air Laut Dapat Diminum

Filter, yang menggunakan lapisan tipis Graphair ini, bekerja berkat nanochannels mikroskopis yang memungkinkan molekul air melewatinya namun menghasilkan polutan dengan molekul yang lebih besar.

Mengesankan, para periset menemukan bahwa ia mampu memblokir 99 persen kontaminan.

"Hampir sepertiga dari populasi dunia, sekitar 2,1 miliar orang, tidak memiliki air minum yang bersih dan aman," kata pemimpin penulis Dr Dong Han Seo. "Akibatnya, jutaan, kebanyakan anak-anak, meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan pasokan air, sanitasi dan kebersihan yang tidak memadai setiap tahunnya."

Filter Graphene Bisa Membuat Air Laut Dapat Diminum
Tim peneliti CSIRO, Dr Dong Han Seo berada di posisi tengah
_________________________________________________________

"Di Graphair, kami telah menemukan filter sempurna untuk pemurnian air, ini bisa menggantikan proses kompleks, memakan waktu dan multi tahap yang dibutuhkan saat ini dengan satu langkah."

Luar biasa! Semoga sukses untuk para peneliti, karena dengan adanya filter ini akan mampu membantu banyak orang yang membutuhkan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Kalau memang bisa dikembangkan dan kedepan demi kesejahteraan umat manusia, ini merupakan langjah terbaik dan prestisius

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, sudah pasti sob.. kita dukung penuh.

      Hapus