Virus Flu Bisa Menjadi Hal yang Mematikan


Kamis, 08 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pada awal tahun 2014, virus flu tersebar luas di banyak daerah di Amerika Serikat. Hampir 3% dari populasi disana saat itu terserang oleh flu, ruang gawat darurat pun kelebihan beban dan beberapa daerah bahkan mengalami kekurangan vaksin. Lalu bagaimana dengan keadaan di negara-negara lain?

Meskipun kebanyakan orang akan sepenuhnya pulih dari serangan flu, tetap saja kondisi tubuh mereka sendiri yang mendasarinya, apakah daya tahan tubuh mereka kuat atau lemah saat menghadapi virus flu? Hal ini perlu diperhatikan dengan serius, terkadang usia juga turut berpengaruh, jangan sampai akibat terkena virus flu akan meningkatkan risiko pada penyakit komplikasi. Tampaknya, tahun yang lalu merupakan tahun kejayaan bagi virus flu H1N1, yang merupakan risiko penyakit paling serius bahkan untuk orang-orang muda dan sehat sekalipun. Di seluruh negeri, puluhan orang dewasa yang sebelumnya sehat telah tewas sejak musim flu dimulai pada bulan Oktober.

Virus Flu Bisa Menjadi Hal yang Mematikan

Selain itu, kemungkinan bahwa musim flu bahkan belum mencapai puncaknya. Jika Anda telah sampai sejauh ini dan belum mendapatkan sakit, Anda bukan berarti harus merasa tenang-tenang saja. Sebab, penyakit datang tanpa permisi terlebih dulu kepada kita. Untuk itu, perlu Anda ketahui, pengetahuan adalah kekuatan, bahkan dapat membantu menyelamatkan hidup Anda.

Berikut beberapa pengetahuan tentang flu yang harus Anda ketahui

Ketahui Perbedaan Antara Dingin dan Flu

Perbedaan penting antara dingin dan flu adalah keparahan gejala. Jika Anda menggunakan hari sakit Anda untuk mengejar ketinggalan pada pekerjaan rumah tangga, itu lebih mungkin bahwa Anda memiliki dingin. Di sisi lain, jika Anda bahkan tidak memiliki energi yang cukup untuk menonton TV, itu lebih mungkin bahwa Anda memiliki flu. Tanda utama lainnya adalah bagaimana tiba-tiba Anda jatuh sakit. Semakin cepat gejala muncul, semakin besar kemungkinan bahwa Anda memiliki flu.

Hidung berair dan pengap, bersin-bersin dan sakit tenggorokan merupakan gejala dari pilek. Demam, sakit kepala, batuk, kelelahan dan nyeri merupakan gejala dari keduanya, tetapi gejala ini lebih parah ketika terkena flu. Jika Anda mengalami demam di atas 100 derajat F atau kelelahan yang ekstrim, sangat mungkin bahwa Anda terkena flu.

Jagalah dirimu Sendiri

Untuk mencegah komplikasi yang serius, mengurus diri sendiri adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan, caranya adalah:
  • Minum cairan bening. Sup dan kaldu dapat bekerja dengan baik
  • Mendapatkan banyak istirahat.
  • Mengambil alih resep obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi gejala. Anda dapat menggunakan beberapa obat pilek dan flu yang alami, seperti vitamin D, neti pot, dan minyak oregano.

Kapan Anda diharuskan Pergi ke Dokter

Jika gejala tidak parah, dan Anda tidak berisiko mengalami komplikasi, maka Anda boleh melewati ruang gawat darurat. Namun, jika Anda memiliki komplikasi yang mendasar, seperti penyakit jantung, HIV / AIDS, asma, diabetes, atau sedang hamil, segeralah hubungi dokter Anda untuk mendiskusikan pilihan Anda. Orang di atas usia 65 tahun, dan anak-anak di bawah usia 5 tahun, wanita hamil, juga harus menghubungi dokter.

Umumnya, gejala flu akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika sudah 3 hari dan flu Anda belum reda, atau malah semakin parah, hubungilah dokter Anda.

Tanda-tanda darurat medis

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut dibawah ini, maka segeralah memanggil ambulans atau kepala ke ruang gawat darurat.
  • Pusing, terutama jika datang tiba-tiba.
  • Gejala flu yang mereda kemudian datang kembali beberapa hari kemudian dengan demam dan batuk yang lebih buruk.
  • Kebingungan.
  • Masalah pernapasan; mengi, sesak napas, napas cepat.
  • Nyeri / tekanan di dada dan / atau perut.
  • Persistent atau muntah.
  • Kejang.
  • Bibir membiru atau ungu juga terjadi pada kuku
  • Batuk darah.
  • Leher kaku
Flu memang seringkali tidak terlalu kita hiraukan, sebab flu memang bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, lain lagi ceritanya jika ada komplikasi yang menyertainya. Untuk itu, jangan menyepelekan virus flu. Kenali gejalanya, dan segera hubungi dokter Anda jika ternyata menunjukkan gejala flu yang bertambah buruk.

Saat ini adalah musim penghujan, salah satu penyakit yang seringkali muncul adalah flu. Perlu dicatat oleh Anda bahwa angka kematian akibat influenza belakangan ini justru meningkat jika dibandingkan dengan angka kematian akibat kanker.




sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. Meskipun sakit flu, tapi ga bisa disepelekan. Flu bagi saya sangat menganggu aktivitas dan pekerjaan.

    BalasHapus