Sinar Laser Ini 'Secerah Satu Miliar Matahari'


Jumat, 30 Juni 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Laser Diocles bertenaga tinggi di Nebraska mengubah cara para ilmuwan melihat alam semesta. Merupakan salah satu laser paling kuat yang pernah dibuat, perangkat yang luar biasa ini mampu memberikan cahaya satu triliun bola lampu ke satu titik kira-kira satu triliun detik.

Ini berarti menghasilkan cahaya terang yang pernah dihasilkan oleh apapun di planet bumi.

Selain memecahkan rekor, laser ini juga memainkan peranan penting dalam eksperimen fisika.

Baca Juga:

Salah satunya, yang dilakukan baru-baru ini oleh para ilmuwan di Laboratorium Ekstrem Light Universitas Nebraska-Lincoln, yang melibatkan penyinaran sinar ke arus elektron yang berpotongan.

Para periset menemukan bahwa penerangan energi tinggi tersebut benar-benar mengetuk elektron dari keselarasan dan menyebarkan cahaya dengan cara yang sangat tidak biasa.

Sinar Laser Ini Secerah Satu Miliar Matahari

"Sungguh menakjubkan," kata fisikawan Donald Umstadter. "Cahaya itu terlepas dari sudut yang berbeda, dengan warna berbeda, tergantung seberapa terangnya."

"Apa yang terungkap untuk pertama kalinya adalah gerak elektron berosilasi di medan cahaya pada kecepatan hampir mendekati kecepatan cahaya. Mereka berosilasi dalam pola yang berbeda dari yang mereka lakukan dengan cahaya normal."

Sinar Laser Ini Secerah Satu Miliar Matahari

Di sisi praktis dari berbagai hal, teknik ini suatu saat akan menghasilkan pengembangan teknologi pemindaian sinar-x yang lebih efektif untuk digunakan di perangkat pemindaian medis dan keamanan.

"Energi sinar-X yang lebih tinggi yang kami hasilkan dapat digunakan untuk melihat melalui material yang terlindung tebal, ketebalan hampir satu meter dari baja, untuk inspeksi kargo, atau pengujian dan evaluasi non-destruktif komponen penting," kata Umstadter.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar