Misteri Sinar-X Yang Mengelilingi Pluto


Jumat, 11 November 2016
Label: ,

[Sains Box] Para ilmuwan telah melihat adanya sinar-X yang memancar dari planet kerdil Pluto. Sumber datangnya sinar-X tersebut masih belum jelas. Pluto mungkin dunia yang kecil, tetapi ketika New Horizons memperoleh foto close-up pertama pemandangan planet kerdil ini pada tahun 2015 itu mengungkapkan dunia kecil Pluto ternyata dipenuhi dengan kejutan yang muncul lagi dan lagi sampai hari ini.

Salah satu kekhasan terbaru tentang Pluto telah ditemukan bahwa Pluto ternyata menghasilkan aliran sinar-X misterius yang mana fisikawan sejauh ini belum mampu meyakinkan bahkan menjelaskan asal dari sinar-X tersebut.

Misteri Sinar-X Yang Mengelilingi Pluto

Baca Juga:

Fenomena ini untuk pertama kali diketahui oleh astronom dengan menggunakan teleskop Chandra X-ray.

Sinar-X biasanya diproduksi di planet dan komet ketika angin matahari berinteraksi dengan medan magnet atau dengan atom gas netral di atmosfer mereka.

Namun, dalam hal ini, Pluto tidak memiliki medan magnet yang terukur dan atmosfernya yang sangat tipis, telah menghilang jauh lebih lambat dari yang diperkirakan.

"Kami berpikir Pluto mungkin akan kehilangan atmosfernya pada tingkat yang sama seperti beberapa komet," kata astronom planet, Carey Lisse. "Kami tahu komet membuat sinar-X, jadi kami berharap bahwa Pluto juga demikian."

Teori terkemuka saat ini adalah bahwa sinar-X tersebut diproduksi oleh adanya interaksi angin matahari, namun untuk Pluto tidak demikian, sebab tidak ada ekor panjang gas metana yang diseret di belakangnya.

"Ini adalah penemuan yang sangat membingungkan," kata astrofisikawan, Konrad Dennerl. "Saya tidak sepenuhnya yakin."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Lama kaga kemari nih bang..apa kabarnya..? moga sehat semua..hahahayyyy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sehat wal afiat semuanya, berkat doa Bang Icah juga :D
      abang sendiri gmn kabarnya?

      Hapus