Ilmuwan Berhasil Menciptakan Tikus dari Telur Buatan


Selasa, 18 Oktober 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Pada pembahasan sebelumnya, sudah kita bahas mengenai keberhasilan ilmuwan yang mengembangkan embrio dari bantuan sel-sel kulit. Kini ilmuwan Jepang telah berhasil menciptakan telur tikus betina menggunakan sel dari ekor binatang. Dalam apa yang telah digambarkan sebagai terobosan 'yang luar biasa' ini, peneliti dari Universitas Kyushu tidak hanya berhasil membuat telur layak di laboratorium tapi juga bahkan telah berhasil memiliki tikus betina membawa mereka ke jangka panjang.

Teknik ini melibatkan pengambilan sel jaringan dari ekor tikus dan kemudian memprogram ulang mereka sebagai sel induk lalu mengubahnya ke telur. Kemudian telur ini dibuahi dan ditanamkan ke tikus betina.

Ilmuwan Berhasil Menciptakan Tikus dari Telur Buatan
Embrio tikus hasil rekayasa sel

Baca Juga:

Anak tikus yang dihasilkan ternyata sangat sehat, meskipun konsepsi mereka benar-benar unik.

"Ini adalah pertama kalinya telur fungsional telah dihasilkan dari sel-sel induk dalam kultur yang memberi kita beberapa petunjuk untuk memproduksi telur manusia dari sel induk," kata Profesor Katsuhiko Hayashi.

"Sekarang, kita perlu hati-hati melihat kualitas telur tikus buatan ini. Semacam pemeriksaan kualitas akan memberikan kontribusi bagi aplikasi untuk manusia di masa depan."

Ilmuwan Berhasil Menciptakan Tikus dari Telur Buatan
Anak tikus yang baru lahir

Ilmuwan Berhasil Menciptakan Tikus dari Telur Buatan
Setelah berusia 4 minggu

Di masa depan teknik ini bisa membuktikan betapa sangat bermanfaatnya bagi wanita yang menderita infertilitas.

"Ini adalah laporan pertama dari siapa pun yang mampu mengembangkan telur sepenuhnya matang dan fertilizable di laboratorium menembus dari tahap awal pembangunan telur," kata ilmuwan reproduksi Profesor Richard Anderson.

"Meskipun kami masih jauh dari membuat telur buatan untuk wanita pada saat ini, namun penelitian ini juga menyediakan kita dasar untuk model eksperimental dalam mengeksplorasi bagaimana telur berkembang dari spesies lain, termasuk pada wanita."

Akankah cara ini dapat diterapkan pada manusia? Tunggu perkembangan selanjutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. Duuhh... keknya screamy bnget klo dipraktekkan sama wanita. Walopun saat ini udh ada bayi tabunh

    BalasHapus