Bayi Manusia Bisa Dibuat Menggunakan Sel-sel Kulit?


Kamis, 15 September 2016
Label: ,

[Sains Box] Ini mungkin akan terdengar agak aneh, mustahil, dan diluar nalar kita. Namun, saat ini para ilmuwan telah menemukan cara bagi dua orang manusia dapat bereproduksi tanpa memerlukan sel telur wanita sama sekali. Penemuan terobosan ini dibuat selama percobaan di University of Bath yang melibatkan penciptaan tiga anak tikus dengan menggunakan sperma dan sel-sel kulit dari jantan dewasa.

Sebelumnya diyakini bahwa bayi hanya bisa tercipta melalui penggabungan sel sperma dengan sel telur wanita, tapi sekarang tampaknya seolah-olah setiap sel dalam tubuh manusia dapat dibuahi oleh sperma. Ini sesuatu yang mungkin di luar akal pikiran kita.


Baca Juga:

"Kita berpikir bahwa hanya sel telur yang mampu pemrograman ulang sperma untuk memungkinkan perkembangan embrio berlangsung," kata ahli embrio molekul Dr Tony Perry.

"Pekerjaan kami ini menantang dogma, dilakukan sejak embriolog awal pertama kali mengamati telur mamalia sekitar tahun 1827 dan mengamati proses pembuahan 50 tahun kemudian, bahwa hanya sel telur yang dibuahi dengan sel sperma dapat mengakibatkan kelahiran mamalia hidup."

"Kita bicara tentang cara membuat embrio. Bayangkan bahwa Anda bisa mengambil sel-sel kulit Anda dan membuat embrio dari mereka. Pengetahuan ini akan sangat berguna."

Apakah ini berarti berakhirnya dari adanya posisi seorang Ayah dan Ibu?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. Wah apa bisa tidak menggunakan sel telur pada wanita ? tapi para ilmuan tidak sembarangan mengatakan suatu hal jika tanpa adanya penelitian

    BalasHapus