Gunung Berapi 'Mulut Neraka' Mendapat Koneksi WiFi


Rabu, 10 Agustus 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Salah satu gunung berapi paling aktif Nikaragua kini sedang dilengkapi dengan sensor yang terhubung ke Internet. Letusan gunung berapi ini dapat menjadi mematikan dan tak terduga, tapi sekarang volcanologists menggunakan Internet untuk membuat sistem peringatan dini yang efektif dengan memiliki sensor yang dipasang di sekitar bagian luar gunung berapi yang dapat berkomunikasi data real-time secara online.

Penerima pertama teknologi ini adalah Masaya, yaitu sebuah gunung berapi sangat berbahaya di Nikaragua, gunung ini dikenal dengan nama 'Mulut Neraka'. Terakhir kali meletus pada tahun 2008, memuntahkan gumpalan besar abu lebih dari 3,8 mil ke atmosfer. Jika gunung ini meletus kembali, ia akan dapat menimbulkan korban dalam jumlah besar.

Gunung Berapi Mulut Neraka Mendapat Koneksi WiFi

Baca Juga:

Dengan menempatkan sebanyak 80 sensor suhu dan tekanan di tempat-tempat strategis di sekitar kawah, para ilmuwan akan dapat memantau gunung berapi untuk mendapatkan tanda-tanda akan terjadinya letusan di masa depan.

"Itu bisa terjadi kapan saja dan masalahnya adalah, kita tidak dapat memprediksi kapan hal itu bisa terjadi atau mempelajari tanda-tanda dari gunung berapi," kata vulkanologi Guillermo Caravantes.

Gunung Berapi Mulut Neraka Mendapat Koneksi WiFi

Gunung Berapi Mulut Neraka Mendapat Koneksi WiFi

"Tujuannya dasarnya adalah untuk menginstal semua sensor ini dan menciptakan sistem peringatan dini yang paling efektif di dunia. Tujuan jangka panjangnya adalah untuk menghubungkan semua gunung berapi secara online, dan ini akan sangat fantastis."

VIDEO VOLCANO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar