Jenis Logam Baru Empat Kali Lebih Kuat Dari Titanium


Senin, 25 Juli 2016
Label: ,

[Sains Box] Para ilmuwan telah berhasil menciptakan jenis baru dari logam super kuat dengan mencairkan bersama-sama titanium dan emas. Dikembangkan oleh Profesor Emilia Morosan dan timnya di Rice University di Houston, logam baru ini akan menjadi zat logam yang dikenal kompatibel dengan jaringan hidup dan bisa menjadi sesuatu yang tak ternilai dalam produksi implan medis yang tahan lama.

Digambarkan sebagai "senyawa generasi berikutnya untuk secara substansial dapat memperpanjang masa pakai implan gigi dan sendi pengganti", logam ini ditemukan selama pekerjaan yang melibatkan magnet.

Jenis Logam Baru Empat Kali Lebih Kuat Dari Titanium
Titanium

Baca Juga:

Bagian dari penelitian itu telah melibatkan perubahan beberapa bahan percobaan ke dalam bentuk bubuk untuk memeriksa kemurnian mereka, tapi ketika tim mengalihkan perhatian mereka ke salah satu logam ternyata ditemukan menjadi begitu kuat, bahkan tidak bisa digiling dengan menggunakan lesung dan alu yang dilapisi berlian.

"Ini empat kali lebih keras dari titanium murni," kata Profesor Emilia Morosan.

Perlu menjadi catatan bahwa Titanium sudah lama digunakan sebagai implan medis pada gigi dan tulang sendi. Namun, biasanya perlu diganti setelah mencapai sepuluh tahun. Kini dengan adanya logam baru yang memiliki kekuatan empat kali dari Titanium murni, akan dapat memperpanjang masa implan tersebut.

Jenis Logam Baru Empat Kali Lebih Kuat Dari Titanium
Titanium untuk implan gigi

Jenis Logam Baru Empat Kali Lebih Kuat Dari Titanium
Titanium untuk implan sendi

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar