Coretan Leonardo da Vinci Ungkap Pengetahuan Tersembunyi


Minggu, 24 Juli 2016
Label: ,

[Sains Box] Sebuah sketsa telah teridentifikasi dalam margin catatan milik Da Vinci tampaknya menunjukkan pada pengetahuan tersembunyi tentang hukum gesekan. Secara luas, penemuan ini disambut gembira sebagai prestasi ilmiah dan artistik. Figur fenomenal jenius seperti Leonardo da Vinci memang masih banyak menyimpan hal-hal yang belum terungkap, setiap penemuan yang terkait dengan beliau ternyata menjadi pembelajaran yang berharga dimana kita memang masih perlu banyak belajar hal-hal baru tentang prestasi yang luar biasa ini.

Coretan Leonardo da Vinci Ungkap Pengetahuan Tersembunyi

Baca Juga:

Contoh terbaru ini datang dalam bentuk serangkaian catatan kasar yang ditemukan di pinggir salah satu buku catatannya, meskipun sebelumnya apa yang tertulis tersebut pernah dianggap sebagai tulisan yang acak. Namun ternyata, itu bukanlah sekedar tulisan biasa, tapi menyimpan makna ilmu pengetahuan baru.

Setelah analisis lebih lanjut dari catatan ini, Profesor Ian Hutchings dari University of Cambridge menyadari bahwa, jauh dari omong kosong yang tidak koheren, 'coretan' itu sebenarnya sesuatu yang sangat signifikan, demonstrasi tertulis pertama yang diketahui dari hukum gesekan.

Coretan Leonardo da Vinci Ungkap Pengetahuan Tersembunyi

"Sketsa dan teks itu menunjukkan bahwa Leonardo telah memahami dasar-dasar gesekan pada tahun 1493," kata Hutchings. "Dia tahu bahwa kekuatan gesekan yang bekerja antara dua permukaan geser sebanding dengan beban menekan permukaan bersama-sama dan gesekan yang independen dari daerah jelas dari kontak antara dua permukaan."

"Ini adalah 'hukum gesekan' yang saat ini kita ketahui kredit untuk seorang ilmuwan Perancis, Guillaume Amontons, yang bekerja dua ratus tahun kemudian."

Ini berarti kita harus merubah sejarah ilmuwan penggagas 'hukum gesekan' yang sebenarnya.

Coretan Leonardo da Vinci Ungkap Pengetahuan Tersembunyi
Sebuah sketsa kemudian dari sistem katrol dari salah satu notebook Leonardo. 
Gambar: University of Cambridge

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar