Proyek Detektor 'Materi Gelap' Mengalami Kegagalan


Jumat, 22 Juli 2016
Label: ,

[Sains Box] Belum lama ini, sebuah proyek besar yang digunakan ilmuwan untuk mendeteksi keberadaan materi gelap telah mengalami kegagalan dan telah dinonaktifkan untuk sementara. Materi gelap merupakan salah satu substansi misterius yang seringkali menjadi pertanyaan para ilmuwan. Meskipun materi ini melingkupi hingga empat-seperlima dari massa seluruh alam semesta, namun keberadaannya yang tak terlihat sangat sulit untuk dipahami, hingga materi ini pun dikenal sebagai 'materi gelap'.

Minggu ini, para peneliti di belakang mesin detektor materi gelap ultra-sensitif yang dibangun dengan biaya tinggi telah membuat mereka menggaruk-garuk kepala, setelah sistem itu mengalami kegagalan dalam upaya menemukan bahkan jejak sekecil apapun itu dari materi gelap. Tidak secuil pun yang terdeteksi.

Proyek Detektor Materi Gelap Mengalami Kegagalan

Baca Juga:

Mesin yang dikenal sebagai The Large Underground Xenon (Lux) ini merupakan sebuah detektor yang ditempatkan dalam tangki besar 72.000 galon air kemurnian tinggi dan terletak dalam bekas tambang emas di South Dakota.

Percobaan ini berharap untuk dapat mengambil bukti materi gelap dalam bentuk kilatan kecil cahaya yang dihasilkan ketika partikel materi gelap bertabrakan dengan atom xenon.

"Dengan hasil akhir ini, pencarian dari tahun 2014 hingga 2016, para ilmuwan dari Kolaborasi Lux telah mendorong sensitivitas instrumen untuk meningkatkan kinerja akhir empat kali lebih baik dari tujuan proyek aslinya," kata Profesor Rick Gaitskell dari Brown University.

Proyek Detektor Materi Gelap Mengalami Kegagalan

"Itu akan menjadi luar biasa jika kita dapat meningkatkan sensitivitas, hal ini juga tentunya akan dapat menyampaikan sinyal materi gelap secara jelas. Meskipun, apa yang kita telah amati konsisten dengan latar belakangnya saja."

Tidak semuanya hilang, tim saat ini sedang berencana untuk membangun detektor lain, yaitu salah satu yang akan menjadi 70 kali lebih sensitif dari yang ada sekarang.

Mungkin tidak akan lama lagi sifat dan asal-usul materi gelap akhirnya akan dapat terungkap. Kita tunggu saja hasil pencapaian berikutnya.

Proyek Detektor Materi Gelap Mengalami Kegagalan

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar