Tinta Logam di Gulungan Kuno Kota Herculaneum


Senin, 28 Maret 2016
Label:

[Sains Box] Sebuah gulungan kuno, yang terkubur dalam abu dan debu ketika Gunung Vesuvius meletus pada tahun 79 SM menghasilkan malapetaka yang dahsyat. Penemuan gulungan ini telah dijelaskan oleh para ilmuwan sebagai 'keajaiban arkeologi'. Kini para ilmuwan akan memriksa gulungan yang telah terkubur lama menjadi saksi sejarah dari bencana vulkanik yang juga mengubur Pompeii kala itu.

Tidak hanya satu, tetapi banyak gulungan papirus yang ditemukan, jumlahnya lebih dari 1.800 papirus, ditemukan di Herculaneum selama abad ke-18, baik yang telah rusak parah maupun yang telah hancur sama sekali karena usaha yang gagal untuk membacanya.

Tinta Logam di Gulungan Kuno Kota Herculaneum

Baca Juga:

Namun, saat ini para ilmuwan memanfaatkan teknologi modern seperti sinkrotron Eropa, yaitu sebuah mesin yang menghasilkan sinar-x miliaran kali lebih kuat daripada yang digunakan di rumah sakit. Berkat mesin itu, akhirnya sedikit demi sedikit beberapa teks yang terkandung di dalam gulungan yang tersisa mulai terbaca.

Satu hal yang mengejutkan adalah penemuan tinta yang digunakan pada gulungan tersebut berisi sejumlah timbal dan logam. Ini merupakan penemuan pertama dari penggunaan tinta metalik beberapa abad yang lalu.

Tinta Logam di Gulungan Kuno Kota Herculaneum

Tinta Logam di Gulungan Kuno Kota Herculaneum

Penemuan ini juga akan membantu para ilmuwan untuk menganalisis gulungan tersebut karena itu berarti bahwa mereka lebih baik dapat mengkalibrasi peralatan mereka untuk mengambil jenis tinta tertentu pada perkamen.

"Sampai sekarang, seumur hidup, saya tidak dapat membaca gulungan tersebut dari dalam, tanpa merusak mereka," kata Profesor Dirk Obbink. "Tapi sekarang saya bisa melakukannya."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar