Ternyata, Gunung Tertinggi di Dunia Bukan Everest


Kamis, 19 Mei 2016
Label:

[Sains Box] Sebenarnya, masih ada beberapa puncak gunung di Bumi yang dapat menjadi tontonan hati dan kondisi menantang selain Everest, gunung yang secara resmi dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia.
Menurut para ilmuwan, Gunung Chimborazo yang ada di Ekuador sebenarnya cukup sedikit lebih tinggi dari Gunung Everest.

Jika memang demikian, lalu penghargaan yang diberikan pada Everest apakah suatu kesalahpahaman? Sehingga mencatatnya sebagai gunung yang tertinggi.

Ternyata, Gunung Tertinggi di Dunia Bukan Everest

Baca Juga:

Bahkan, raksasa Himalaya juga sebenarnya tergantikan dalam ukuran oleh beberapa gunung lainnya, di Chimborazo khususnya di Ekuador yang substansial lebih tinggi.

Alasan untuk ini adalah bahwa gunung Chimborazo berada di dekat khatulistiwa di mana Bumi yang bukan merupakan bola sempurna, tonjolan keluar lebih banyak daripada yang dilakukannya di pegunungan Himalaya di mana Everest berada.

Everest masih gunung tertinggi jika diukur dari permukaan laut, tetapi Chimborazo lebih tinggi bila diukur dari pusat bumi, seperti beberapa gunung lainnya.

Ternyata, Gunung Tertinggi di Dunia Bukan Everest
Gunung Chimborazo

Gunung Mauna Kea juga lebih tinggi dari Everest bila diukur dari atas ke bawah, tetapi karena sebagian besar berada di bawah air biasanya tidak dihitung sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia.

Namun, dalam hal pendakian yang menantang, Everest masih tetap menjadi favorit tak terbantahkan.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar