Asteroid 'Bennu' Dikhawatirkan Tabrak Bumi


Selasa, 02 Agustus 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebongkah batu luar angkasa yang besar hampir setengah mil lebarnya memiliki potensi dapat menghantam planet kita dalam 200 tahun ke depan. Asteroid, yang dikenal dengan nama 'Bennu' ini, melintasi orbit Bumi sekali setiap enam tahun dan telah setiap kali melintas, didapatkan jaraknya semakin dekat dengan Bumi.

Asteroid ini ditemukan pada tahun 1999, objek besar ini akan memiliki jarak yang semakin dekat dengan Bumi pada tahun 2135 nanti, ia akan melintas di antara Bumi dan bulan. Ketika ini terjadi, gravitasi bumi dapat mengubah orbit Bennu dan menempatkannya pada jalur tabrakan dengan planet kita di abad itu. Suatu hal menakutkan yang dikhawatirkan oleh umat manusia.

Asteroid Bennu Dikhawatirkan Tabrak Bumi

Baca Juga:

Jika asteroid besar ini akhirnya menabrak Bumi, maka dampaknya akan setara dengan tiga miliar ton bahan peledak tinggi, cukup untuk menyebabkan kerusakan yang signifikan dan meluas di seluruh dunia.

Untungnya, NASA sudah memiliki rencana, sebuah probe yang dikenal dengan nama Osiris-Rex akan diluncurkan pada bulan September. Probe ini akan menghabiskan waktu selama satu tahun mengorbit matahari sebelum menggunakan gravitasi bumi untuk memposisikan diri di sekitar asteroid Bennu dimana ia akan melakukan analisis mendalam dari permukaan asteroid tersebut dan mempelajari komposisinya.

Asteroid Bennu Dikhawatirkan Tabrak Bumi

Asteroid Bennu Dikhawatirkan Tabrak Bumi
Asteroid Bennu

Probe juga akan menyelidiki apa yang dikenal sebagai efek Yarkovsky, yaitu fenomena yang dianggap bertanggung jawab mengirimkan asteroid pada jalur tabrakan dengan Bumi.

"Kita perlu tahu segala sesuatu tentang Bennu, baik ukuran, massa dan komposisinya," kata Profesor ilmuwan planet, Dante Lauretta. "Ini bisa menjadi data penting untuk generasi di masa mendatang."

Kita berharap dan berdoa saja, asteroid tersebut tetap berjalan pada jalurnya.

Asteroid Bennu Dikhawatirkan Tabrak Bumi
Proyek Osiris-Rex

VIDEO OSIRIS-REX

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar