Gelombang Gravitasi Einstein Terdeteksi Kedua Kalinya


Minggu, 19 Juni 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendeteksi gelombang gravitasi dari dua lubang hitam yang bertabrakan. Awalnya diusulkan oleh Albert Einstein sebagai konsekuensi dari Teori Umum Relativitas, gelombang gravitasi merupakan riak dalam struktur ruang-waktu yang membawa energi di seluruh alam semesta.

Setelah terdeteksi secara langsung untuk pertama kalinya pada bulan Februari oleh tim peneliti di Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO), fenomena angkasa yang menarik ini kini dijumpai lagi. Kali ini berasal dari dua lubang hitam yang bertabrakan pada setengah kecepatan cahaya dengan jarak 1,4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Gelombang Gravitasi Einstein Terdeteksi Kedua Kalinya

Baca Juga:

"Kami melakukannya lagi," kata ilmuwan peneliti Salvatore Vitale dari Massachusetts Institute of Technology. "Momen pertama adalah begitu indah bahwa kita hampir tidak bisa mempercayainya."

"Sekarang, fakta setelah melihat adanya gelombang gravitasi yang lain, ini membuktikan bahwa memang kita perlu untuk mengamati populasi lubang hitam biner di alam semesta ini."

"Kami tahu, kami akan melihat banyak hingga cukup sering untuk membuat ilmu yang menarik dari mereka."

Yuk, kita intip seperti apa gelombang gravitasi kedua ini:

VIDEO GELOMBANG GRAVITASI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(mit)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar