Kandidat Bumi Kedua Ditemukan Pada Planet Ekstrasurya


Sabtu, 23 Juli 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah mengidentifikasi dua dunia jauh yang bisa menjadi tempat ideal untuk mencari kehidupan asing. Dua planet, yang ditemukan mengorbit bintang Trappist-1 pada jarak sekitar 39 tahun cahaya dari Bumi ini, terletak dalam apa yang dikenal sebagai zona Goldilocks, yaitu daerah di mana suhu tepat untuk memungkinkan adanya cairan air di permukaan planet.

Ketika dua dunia ini ditemukan pada bulan Mei yang lalu, ada banyak kegembiraan karena kondisi mereka tampaknya bisa menjadikan mereka sebagai kandidat utama dalam perburuan planet ekstrasurya layak huni.

Kandidat Bumi Kedua Ditemukan Pada Planet Ekstrasurya

Baca Juga:

Saat ini, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa dua dunia yang jauh ini tidak hanya memiliki jarak yang ideal dari bintang induknya, tetapi juga tampaknya sebagai planet terestrial berbatu seperti Bumi dan Mars, jauh berbeda dengan gas raksasa seperti Jupiter dan Saturnus, faktor utama yang mendukung kesesuaian mereka seumur hidup.

"Ini adalah planet pertama yang menggabungkan tiga sifat utama, kami telah mencarinya dalam waktu yang cukup lama," kata MIT, Dr Julien de Wit. "Satu, mereka seukuran Bumi, dua, suhu mereka bisa memiliki air cair; dan tiga, mereka cukup dekat dan tepat jaraknya dari bintang mereka. Bagi kita ketiga hal ini cukup untuk benar-benar memeriksa bukti kehidupan disana."

"Dalam lima sampai sepuluh tahun, kita akan dapat mengatakan jika mereka layak huni, untuk memeriksa apakah mereka memiliki suhu yang tepat dan ditemukan air. Kemudian langkah berikutnya ke depan adalah untuk menilai apakah mereka dihuni... dengan mencari jejak gas yang hanya dapat diproduksi oleh kehidupan. "

"Hal ini dapat dilakukan dalam 10 sampai 25 tahun ke depan."

Perburuan kehidupan di luar bumi, tampaknya akan segera menjadi sesuatu yang sangat menarik.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar