Awan Air Terdeteksi Pada Sebuah Bintang Katai Jauh


Senin, 11 Juli 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah belum lama ini telah berhasil mengidentifikasi adanya awan air di sekitar bintang katai coklat yang berjarak 7,2 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan ini, dibuat oleh sebuah tim di University of California-Santa Cruz, dan merupakan penemuan awan air pertama kalinya yang berada jauh di luar tata surya kita.

Awan air tersebut ditemukan di sekitar bintang yang bernama WISE 0855, yaitu sebuah bintang katai coklat yang memiliki sekitar lima kali massa Jupiter.

Awan Air Terdeteksi Pada Sebuah Bintang Katai Jauh

Baca Juga:

Penemuan ini menegaskan pengamatan sebelumnya yang dibuat pada tahun 2014 tentang kemungkinan adanya awan air di sekitar bintang katai dengan menggunakan teleskop NASA Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE).

Penelitian baru ini melibatkan pengamatan bintang dengan teleskop Gemini North di Hawaii selama 13 malam untuk mendapatkan pengukuran spektrum yang pertama dari atmosfer.

"Spektrum kami menunjukkan bahwa WISE 0855 didominasi oleh uap air dan awan, dengan penampilan keseluruhan yang sangat mirip dengan Jupiter," kata astrofisikawan, Andrew Skemer.

Hmmm, apakah ini merupakan penemuan awal dari keberadaan alien di luar Bumi? Masih terlalu awal untuk memutuskan, dan memerlukan penelitian yang lebih lanjut. Namun, penemuan ini merupakan hal paling penting dalam sejarah pencarian tempat-tempat berpenghuni di luar Bumi.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar