Pencarian DNA Untuk Memecahkan Misteri Leonardo da Vinci


Sabtu, 07 Mei 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan kembali berusaha mengungkap misteri seputar kehidupan Leonardo da Vinci. Mereka kali ini berharap dapat mengekstrak DNA dari sampel kulit dan rambut yang ditemukan pada beberapa lukisannya. Leonardo da Vinci memang sosok seniman yang penuh misteri, mulai dari kehidupannya, tempat ia dimakamkan, hingga pada karya-karya terbesarnya yang fenomenal.

Para peneliti saat ini sedang melakukan terobosan studi baru yang akan memungkinkan mereka untuk dapat mempelajari lebih lanjut tentang sosok Renaissance jenius Leonardo da Vinci yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Pencarian DNA Untuk Memecahkan Misteri Leonardo da Vinci

Baca Juga:

Sebuah studi terbaru ini akan dimulai dengan pemeriksaan yang cermat dari lukisan dan buku catatannya dalam upaya mencari setiap helai rambut atau serpihan kulit yang mungkin meninggalkan jejak DNA untuk dapat diekstraksi. Dengan menganalisis materi genetik ini akan dapat menentukan banyak karakteristik fisik seperti warna mata, kulit dan bentuk wajahnya.

Cara ini juga memungkinkan untuk menggunakan DNA sebagai pemecah salah satu misteri terbesar yang tersisa mengenai Da Vinci, yaitu tempat peristirahatan terakhirnya. Memang, untuk sementara ia diketahui telah dimakamkan di kapel Saint-Florentin di Perancis pada tahun 1519, bangunan itu hancur dalam revolusi Perancis dan banyak yang berpikir bahwa jenazahnya mungkin telah dipindahkan ke kapel kecil dari Saint-Hubert sebagai gantinya.

Pencarian DNA Untuk Memecahkan Misteri Leonardo da Vinci

"Jika DNA manusia diperoleh dari pekerjaan Leonardo dan sequencing, materi genetik kemudian dapat dibandingkan dengan informasi genetik dari tulang atau lainnya yang dapat digali," kata Jesse Ausubel, wakil ketua Richard Lounsbery Foundation.

"Kami disini berusaha untuk mendapatkan pengetahuan sejarah tidak hanya lebih besar dari Leonardo tapi mungkin rekonstruksi profil genetik, yang bisa memberikan wawasan ke individu lain dengan kualitas yang luar biasa."

Pencarian DNA Untuk Memecahkan Misteri Leonardo da Vinci

Apakah, cara ini benar-benar dapat mengungkap tempat peristirahatan terakhir Da Vinci? Sehingga dapat menjawab beberapa keraguan para ahli yang menduga tidak akan ditemui tulang-tulang Da Vinci dalam makamnya?

Kita tunggu saja pengumuman hasil forensik...

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. Leonardo da Vinci memang org yg jenius..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob.
      Jenius dan misterius
      byk karyanya yg jadi fenomenal

      Hapus
  2. Wanjirrr yg terpikir di Otak ane Jadi EZIO,ANIMUS,dan ABSTERGO :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, maniak game nih kliatannya :D

      Hapus