Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Terpecahkan


Jumat, 21 Agustus 2015
Label:

[Sains Box] Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci mungkin adalah lukisan paling terkenal sepanjang masa, gambaran senyum halus dan menawan berpose memuaskan generasi pecinta seni hingga lebih dari 500 tahun lamanya. Senyum Mona Lisa seolah-olah menyimpan misteri yang tersembunyi, sehingga begitu mempesona dan menebarkan daya tarik kepada para pencinta seni selama ini.

Namun, belum lama ini, para peneliti telah mengidentifikasi semacam ilusi optik yang halus terdapat dalam senyum misterius lukisan itu. Para peneliti berhasil memecahkan salah satu misteri lukisan paling abadi tersebut dengan jalan memeriksa lukisan karya Leonardo da Vinci lainnya yaitu lukisan La Bella Principessa.

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Terpecahkan

Baca Juga:


Apa yang mereka temukan adalah bahwa da Vinci telah menerapkan ilusi optik halus dalam lukisannya dengan memadukan warna untuk mengeksploitasi peripheral vision pengamat, suatu teknik yang bisa memberikan bentuk penampilan mulut yang berbeda tergantung pada bagian mana pengamat lukisan berfokus.

Pada lukisan La Bella Principessa misalnya, bentuk mulut tampaknya kemiringan ke bawah bila dilihat secara langsung dari dekat namun ketika diamati secara tidak langsung, lukisan tersebut menebar senyum yang sungguh mempesona. Da Vinci diyakini telah menerapkan teknik yang sama ini ketika ia melukis Mona Lisa.

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Terpecahkan
Studi ini mengungkapkan bagaimana La Bella Principessa (kanan), yang dilukis oleh da Vinci sebelum Mona Lisa (kiri) pada akhir abad ke-15, menggunakan trik pintar untuk memikat pengamat. Dengan keahlian pencampuran warna untuk mengeksploitasi visi perifer, bentuk mulut subjek tampaknya berubah sesuai dengan sudut pandang.

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Terpecahkan
Para peneliti meminta relawan untuk melihat versi digital manipulasi dari tiga buah lukisan da Vinci, yaitu La Bella Principessa (atas), Mona Lisa (tengah) dan Potret dari Girl oleh Piero del Pollaiuolo (bawah). Mereka mengubah tingkat blur pada lukisan tersebut untuk memeriksa apakah cara ini dapat merubah kesan tersenyum mereka atau tidak. Bagaimana menurut Anda?

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Terpecahkan
Bila dilihat secara langsung, kemiringan dari mulut dalam Mona Lisa (foto atas) adalah jelas ke bawah. Tetapi ketika mata bergerak ke tempat lain untuk memeriksa fitur lainnya, bentuk mulut seolah mengambil bagian atas, sehingga menciptakan senyum yang hanya bisa dilihat langsung

"Seolah-olah senyum itu menghilang secepat pengamat mencoba untuk 'menangkap', teknik ini telah dikenal sebagai ilusi visual 'uncatchable smile'," tulis para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Vision Research.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

38 komentar:

  1. Balasan
    1. Jelas aja, Leonardo da Vinci gitu loh.. hehe.. :D

      Hapus
  2. Leonardo Davinci adalah seorang seniman tetapi ia juga adalah ilmuwan. Sehingga lukisan - lukisannya di padukan antara imajinasi dan seni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali sobat Boy,
      bahkan beliau jg seorang penemu, byk karya2 temuannya yg mungkin bikin kita tercengang, semua tak lepas dari perpaduan seni juga.

      Hapus
  3. Leonardo da Vinci memang seorang seniman yg unik dan penuh misteri, semua keunikan itu ia tuangkan dlm karyanya, hingga kini msh byk org2 yg berusaha mencari teka-teki apapun yg tersimpan dalam karyanya itu. Luar biasa sekali, ilusi optik sudah ia pikirkan dgn baik dan ini tentu hal yg jenius di jamannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dok, makanya semua karya2 beliau hingga kini bernilai tak terhingga, termasuk salah satunya Mona Lisa ini, lukisan yg satu ini bahkan sudah diterbangkan ke luar angkasa, hebat ^_^)b

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori, gak boleh ninggalin link di kotak komen ya... :)
      mksh

      Hapus
  5. Lukisan yg fenomenal, hingga kini gak ada matinya daya tarik lukisan ini, mksh mas wawan infonya, ijin share ya

    BalasHapus
  6. jadi siapa monalisa itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yg tau pelukisnya kali ya.. Kan yg dibahas dsini bkn soal itunya

      Hapus
  7. biasa2 saja, soalnya memang biasa2 saja,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena km bkn pncinta seni tp pncinta misteri jd ga akan tau sisi seninya

      Hapus
  8. gk penting bangettt.....!! si penciptanya juga kalao masih hidup akan bilang terlalau lebay lo para pengamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah anda pengamat yg cerdas karna bs tau omongan org yg sudah meninggal 500 tahun. Siapa sbenarnya anda?

      Hapus
  9. dari dulu sudah curiga leo ini datang dari masa depan, dia sampai bisa bikin bluprint kerangka helikopter dan pesawat tempur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah kalo soal itu sob, apa mungkin jg leo berhasil bikin mesin waktu?

      Hapus
  10. Balasan
    1. Nanyanya jgn ke saya mbak, saya cm ngeshare aja kok, yg tau persis ya para peneliti itu.. tp mungkin aja sih, soalnya Leonardo itu sudah dikenal dgn penemuan2nya yg dibilang cukup mencengangkan

      Hapus
  11. Balasan
    1. Jgn dipaksain paham mas, ini khusus utk yg ahli seni grafik aja..
      yg biasa utak-atik gambar atau foto pasti tau dan paham

      Hapus
  12. Sungguh karya seni yang luar biasa, banyak yang bisa di ambil hikmah dan pembelajarannya. Tehnik yang penuh misteri namun menciptakan karya seni yang abadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dgn mbak Tika
      luar biasa sekali Leo itu. Sampe segitunya org2 memuji karyanya

      Hapus
  13. Balasan
    1. Silahkan mbak
      jgn lupa cantumin link sumbernya ya

      Hapus
  14. apa kaitannya dengan Da Vinci Code ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jls ga ada. Yg kita bahas dsini bkn soal kode2 tersembunyi tp tentang teknik melukis

      Hapus
  15. lagi mengamati tapi bkm ngerti juga dimana penemuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ngerti ahli grafik atau gambar mbak. Jd jgn dipaksain untuk ngerti kalo ga ngerti jg. Intinya peneliti menemukan kejanggalan pd bagian mulut dlm lukisan itu. Dan cara mengetahuinya dgn cara ngblur lukisan itu trs dibandingin dgn lukisan lainnya.gitu...

      Hapus
  16. karya yang tak lekang oleh waktu ya mas :-)
    bahka temanku juga koleksi lukisan ini, dari yang kecil juga yang lumayan besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tmn km pasti seorg kolektor. Dpt dr mana itu lukisan-lukisannya mas? Pasti mahal ya

      Hapus
  17. katanya memecahkan lukisan monalisa apanya yg dipecahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah kalo bukan pengamat seni, gak bakalan pernah paham.. dijelasin panjang lebar jg gak bakalan ngerti

      Hapus