Misteri Dentuman Keras di California Terpecahkan


Rabu, 05 Agustus 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para peneliti akhirnya berhasil mengidentifikasi misteri munculnya suara dentuman yang terdengar hingga ke seluruh negara bagian. Warga California Gold Country telah lama kebingungan dengan adanya suara misterius yang muncul dimulai tahun lalu dan tampaknya terjadi terutama pada jam kerja antara pukul 11:00-14:00.

Begitu banyak orang yang terpengaruh dengan munculnya suara ini, sehingga menimbulkan hiruk-pikuk penduduk setempat dan mereka pun membuat sebuah halaman khusus di Facebook yang berjudul "Mother Lode Mystery Booms" untuk mengumpulkan keterangan dari para saksi dan mendiskusikan suara aneh apakah itu.

Misteri Dentuman Bumi di California telah Terpecahkan

Baca Juga:


Untungnya di sekitar waktu yang sama, sebuah tim ilmuwan dari Southern Methodist University diberikan izin untuk mendirikan stasiun pemantauan di Columbia College sebagai bagian dari proyek yang lebih besar yang dirancang untuk mengambil tanda-tanda ledakan nuklir.

Berkat peralatan mendengarkan mereka itulah, para peneliti mampu merekam dan melakukan pelacakan sumber suara yang ternyata berasal dari instalasi militer AS yang terletak lebih dari 100 mil jauhnya yaitu Hawthorne Army Depot. Diduga suara-suara itu berasal dari pembuangan amunisi usang yang ternyata menimbulkan suara dentuman keras menggema ke beberapa wilayah.

Anehnya, suara dentuman itu terdengar sangat luar biasa sekali hingga mencapai jarak yang jauh, sementara orang-orang yang tinggal lebih dekat dengan lokasi ledakan tidak mendengarkan apa-apa sama sekali.

Misteri Dentuman Bumi di California telah Terpecahkan
Hawthorne Army Depot

"Saya tidak bisa menjelaskan semua hukum fisika yang terlibat dalam hal ini, tetapi kemungkinan adalah suara tersebut dihasilkan karena energi yang saling memantul hingga menimbulkan gema ledakan yang keras," kata instruktur sains, Glen White.

"Bagian yang benar-benar aneh adalah orang yang berada cukup dekat dengan sumber energi, ledakan, tidak mendengar hal itu. Seolah suara itu berjalan di atas mereka."

Tapi setidaknya asal misteri ini sudah terpecahkan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. Sungguh aneh ya, koq bisa orang berada di sekitar lokasi ledakan tidak bisa mendengar bunyi ledakan tsb padahal suaranya cukup keras, sedangkan yg berada di lokasi jauh bisa mendengarkan dgn jelas suara dentuman tsb, atau mungkin ledakannya terjadi di bawah tanah, tapi ada terowongan atau Goa yg menghubungkan lokasi ledakan dgn daerah california... sungguh misteri sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang disitulah letak misterinya, mungkin ada hukum fisika yg berlaku disini, tp ilmuwan sendiri blm menemukannya knp bisa seperti itu

      Hapus
  2. Ngeri mendengarnya, kaya bom ya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob... suaranya keras, mlh sempat byk yg berpikir hal hal aneh jadinya, ternyata asalnya dari pangkalan militer

      Hapus