Ditemukan Tiga Planet Baru Seukuran Bumi


Rabu, 04 Mei 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para astronom telah mengidentifikasi tiga dunia terestrial baru berada di sekitar bintang yang relatif dekat dengan dunia 'ultracool'. Perburuan planet layak huni di luar tata surya kita telah menerima dorongan besar minggu ini berkat penemuan tiga dunia berukuran Bumi sedang mengorbit di sekitar bintangnya, meskipun relatif dekat, namun begitu redup sehingga tidak mungkin untuk melihatnya tanpa menggunakan teleskop.

Planet ekstrasurya biasanya diidentifikasi dengan mengamati mereka transit di depan bintang induknya, suatu teknik yang juga dapat digunakan untuk menentukan ukuran dan jarak orbit.

Ditemukan Tiga Planet Baru Seukuran Bumi

Baca Juga:

Metode ini juga dapat berpotensi mengungkapkan informasi tentang atmosfer planet, tetapi karena bintang induknya dalam banyak kasus sangat terang, sehingga hal itu menjadi tidak mungkin untuk melakukan apa pun.

Namun, dengan mengidentifikasi planet di sekitar bintang yang sangat dingin dan redup, para astronom berharap untuk mendapatkan jalan keluar masalah ini dan untuk mengamati atmosfer dunia extrasolar secara langsung.

Penemuan terbaru, yang ditemukan di sekitar bintang ultracool dengan jarak 39 tahun cahaya, memiliki satu planet khususnya dari tiga yang tampaknya menjadi kandidat utama untuk studi lebih lanjut.

Ditemukan Tiga Planet Baru Seukuran Bumi
Ilustrasi bintang ultracool yang baru ditemukan dengan tiga planet yang mungkin layak huni.
Sudut pandang dari permukaan salah satu planet.

Ketika James Webb Space Telescope tiba pada tahun 2018 nanti, maka harus mungkin untuk dapat mengamati atmosfer dunia ini dan mencari tahu apa pun yang mungkin tinggal di sana.

"Sistem di sekitar bintang-bintang kecil adalah satu-satunya tempat di mana kita dapat mendeteksi kehidupan di sebuah planet ekstrasurya seukuran Bumi dengan teknologi kita saat ini," kata pemimpin penulis studi Michael Gillon.

"Jadi jika kita ingin mencari kehidupan di tempat lain di alam semesta, dunia yang baru ditemukan ini adalah di mana kita harus mulai melihatnya."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar