Garis-garis Misterius Muncul di Laut Kaspia


Selasa, 03 Mei 2016
Label:

[Sains Box] Pola garis-garis kacau seperti tanda goresan terlihat di Kepulauan Tyuleniy (Kazakhstan) yang berhasil terpotret oleh satelit NASA. Garis itu pertama kalinya diperhatikan oleh para ilmuwan di NASA Goddard Space Flight Center bulan lalu, garis-garis aneh saling bersilangan yang nampak jelas di tubuh daratan air terbesar di dunia tersebut terbukti agak membingungkan.

Ditangkap menggunakan peralatan Operational Land Imager pada satelit Landsat 8, foto itu menunjukkan wilayah Laut Kaspia yang terlihat seperti usai dijelajahi oleh Brillo Pad.

Garis-garis Misterius Muncul di Laut Kaspia
Garis-garis aneh di dasar laut Kaspia terekam 16 April 2016.
Credit: NASA images by Norman Kuring

Baca Juga:

Namun ternyata jawaban misteri ini adalah sebuah proses yang dikenal sebagai 'ice gouging' atau pahatan es.

Air di daerah ini yang berasal dari Laut Kaspia sebenarnya sangat dangkal, hanya sekitar 10 kaki dalamnya, dan laut es di permukaan juga relatif tipis sekitar 1.6 kaki tebalnya. Namun, seiring waktu angin dan arus laut dapat memahat es ini ke pola bergerigi yang dikenal sebagai hummocks yang kadang-kadang bisa mencapai sejauh dasar laut.

Ketika angin bertiup es yang mengambang ini akan bergerak di sekitar permukaan, sementara bagian yang menonjol di bawahnya dapat membuat goresan-goresan sepanjang dasar laut dan menciptakan pola garis yang terlihat pada gambar satelit.

Garis-garis Misterius Muncul di Laut Kaspia
Daratan es terekam 17 Januari 2016.
Credit: NASA images by Norman Kuring

Maka terjawab sudah misteri garis-garis aneh tersebut. Masuk akal.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar