Planet Kesembilan yang Misterius Masih Terus Dicari


Kamis, 25 Februari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pencarian planet kesembilan masih terus dilakukan oleh para astronom. Sebab, mereka yakin planet kesembilan itu ada. Bahkan, para astronom di Perancis telah berhasil mempersempit daerah di mana planet baru bisa saja ditemukan.

Tidak ada yang tahu persis di mana letaknya, jika pun benar-benar ada seberapa besar planet itu juga belum diketahui, tapi para peneliti di California Institute of Technology mengungkapkan awal tahun ini bahwa keberadaan planet kesembilan dalam sistem tata surya kita adalah kemungkinan yang sangat nyata, perburuan dunia baru misterius ini dimulai dengan sungguh-sungguh.

Planet Kesembilan yang Misterius Masih Terus Dicari

Baca Juga:

Para ilmuwan percaya bahwa jika ada, planet baru ini mungkin sekitar sepuluh kali massa Bumi dan bisa memakan waktu hingga 20.000 tahun untuk menyelesaikan orbit tunggal mengelilingi matahari. Planet ini juga mungkin berada dua puluh kali lebih jauh dari matahari dibandingkan planet terjauh saat ini yaitu Neptunus.

Setelah data analisis baru dikumpulkan oleh Cassini yang mengorbit di sekitar Saturnus, ilmuwan di Perancis telah mampu meyakinkan menyingkirkan beberapa daerah dari tata surya dengan mengembangkan model matematik merinci efek gravitasi planet baru di sisi lain delapan planet yang ada. Pekerjaan mereka telah secara efektif mengurangi jumlah tempat untuk keberadaan planet kesembilan ini hingga menjadi sebesar 50%.

"Objek-objek yang paling jauh semuanya berayun dalam satu arah dengan cara yang sangat aneh yang seharusnya tidak terjadi, dan kami menyadari satu-satunya cara agar kita bisa mendapatkan mereka untuk ayunan di satu arah adalah jika ada sebuah planet masif, yang juga sangat jauh di Sistem surya kita, sehingga menjaga mereka tetap berada di tempatnya, "kata CIT, Dr Mike Brown pada saat pengumuman Planet Sembilan di bulan Januari yang lalu.

Planet Kesembilan yang Misterius Masih Terus Dicari

"Ada banyak teleskop di Bumi yang benar-benar memiliki kesempatan untuk bisa menemukannya dan saya benar-benar berharap dengan adanya pengumuman kami ini, maka orang-orang di seluruh dunia akan memulai pencarian untuk menemukan planet kesembilan ini."

Siapakah orang yang nantinya akan menjadi orang yang beruntung menemukannya? Tidak menutup kemungkinan itu adalah Anda.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar