Ilmuwan Berhasil Deteksi Keberadaan Gelombang Gravitasi


Rabu, 13 Januari 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Rumor terbaru menunjukkan bahwa gelombang gravitasi mungkin telah berhasil terdeteksi untuk pertama kalinya oleh para ilmuwan. Gelombang gravitasi, atau riak dalam struktur ruang-waktu yang membawa energi di alam semesta untuk pertama kalinya diungkapkan oleh Albert Einstein sebagai konsekuensi dari Teori Umum Relativitas-nya pada tahun 1916.

Akan tetapi bukti kuat untuk keberadaan gelombang ini yang katanya sudah ada selama bertahun-tahun, para ilmuwan tidak pernah mampu mendeteksinya. Namun sekarang, eksperimen yang dikenal sebagai Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO), mungkin telah benar-benar menemukan sesuatu yang dicari selama ini oleh para ilmuwan.

Ilmuwan Berhasil Deteksi Keberadaan Gelombang Gravitasi
Ruang kontrol di fasilitas LIGO. Image Credit: Philip Neustrom

Baca Juga:

Untuk sementara penjelasan masih samar, kosmolog Lawrence Krauss telah mengindikasikan bahwa ia telah menerima konfirmasi tentang penemuan yang mungkin dan yang lebih rinci akan segera hadir.

"Mereka akan sangat berhati-hati," katanya mengenai tim LIGO. "Tidak ada alasan bagi mereka untuk membuat klaim mereka menjadi tidak pasti."

Konfirmasi adanya gelombang gravitasi akan menjadi salah satu penemuan ilmiah yang paling penting dalam beberapa tahun mendatang dan bisa membuka jendela baru pada alam semesta.

"Keberadaan gelombang gravitasi merupakan hal yang paling eksotis, lokasi yang aneh di alam semesta, seperti kita berada di tepi lubang hitam di awal waktu," kata Krauss.

"Kami cukup yakin mereka ada, tapi kami sudah tidak bisa menggunakannya untuk menyelidiki alam semesta."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar