Melihat Detik-detik Bunga Bangkai Mekar di Australia


Rabu, 30 Desember 2015
Label:

[Sains Box] Mungkin Anda sudah tahu apa itu bunga bangkai? Bunga bangkai adalah sejenis bunga yang sangat tidak biasa, karena bukan aroma bau harum yang dikeluarkan oleh bunga ini seperti layaknya bunga lain, melainkan bau busuk menyengat seperti bau bangkai. Itulah mengapa bunga ini lebih dikenal sebagai 'bunga bangkai'. Bunga ini konon katanya hanya akan mekar sekali saja setiap seribu hari.

Bunga bangkai merupakan bunga asli yang berasal dari hutan hujan di Sumatera, bunga ini memiliki nama latin Amorphophallus titanum yang mulai dikenal karena memiliki keanehan botani yaitu perilaku berbunga sporadis dan baunya yang sangat kuat seperti bau daging yang membusuk.

Melihat Detik-detik Bunga Bangkai Mekar di Australia

Baca Juga:

Bunga ini juga dikenal sebagai 'Corpse Flower' atau 'Bunga Bangkai', tanaman yang telah menjadi daya tarik populer di Mount Lofty Botanic Garden yang terletak di dekat Adelaide, Australia dimana pengunjung telah antri untuk melihat bunga tanaman enam kaki ini mekar, sesuatu yang hanya terjadi sekali setiap tiga tahun dan hanya berlangsung dalam hitungan jam saja.

Salah satu staf, Matt Coulter, menjelaskan tentang bau busuk yang tercium dari bunga itu seperti bau dari "hewan yang mati".

"Ketika saya membuka kaca pagi ini, bunga itu hampir mekar, saya segera pergi meninggalkannya karena baunya begitu kuat," katanya.

"Saya hampir muntah, dan harus menahan diri dari muntah itu Sampai Anda benar-benar mengalaminya sendiri, itu adalah pertama kalinya saya benar-benar mencium bau itu, seperti tidak ada bau yang lain.”

Melihat Detik-detik Bunga Bangkai Mekar di Australia

Salah satu pengunjung juga menjelaskan bau tersebut "seperti sampah" sementara yang lain berpikir baunya seperti "brokoli yang dimasak dan dikeluarkan dalam lemari es" dan bahkan ada juga yang bilang "bau ikan busuk."

Berbagai macam pendapat para pengunjung mengenai bau busuk 'Bunga Bangkai' membuat daya tarik tersendiri.

Nah, bagi Anda yang penasaran belum pernah melihat proses Bunga Bangkai ini mekar, berikut rekamannya, silahkan Anda lihat:

VIDEO BUNGA BANGKAI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar