Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan


Jumat, 10 Oktober 2014
Label: ,

[Sains Box] Tidak semua bunga yang nampak cantik dan harum itu layak untuk nikmati. Meskipun bunga yang satu ini memang tergolong ke dalam tanaman hias, namun ia menyimpan sesuatu yang mungkin akan membuat Anda segera menjauhinya.

Namanya yang keren, Angel's trumpet tidak mencerminkan hal-hal yang berbau 'malaikat' sama sekali. Justru kebalikannya, bunga ini kerap kali berhubungan dengan hal-hal berbahaya serta mematikan. Di Indonesia tanaman ini sudah terkenal sekali sebagai bunga terompet. Bunga ini termasuk ke dalam kerabat Solanaceae (nightshade). Bunga ini aslinya berasal dari Amerika Selatan yang kemudian berkembang hingga menyebar ke seluruh belahan dunia.

Bunga yang juga terkenal dengan nama Brugmansia atau Datura ini memang merupakan jenis tanaman hias yang memiliki penampilan menarik, harum, bentuknya menyerupai terompet serta memiliki aneka ragam warna, ada bunga yang berwarna putih, kuning, juga oranye, dan biru keunguan.

Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan

Sebagai tanaman hias, bunga Brugmansia ini memiliki khasiat dan manfaat lainnya. Dalam pengobatan misalnya, bunga ini memang dapat dipergunakan sebagai bahan-bahan medis diantaranya narkotik, antikolinergik, obat bius, spasmolitik dan anti asma. Selain itu juga Angel's trumpet mengandung alkaloid penting diantaranya skopolomin, atropin, dan hiosiamin. Bahan-bahan tersebut berperan penting dalam pengobatan modern.

Sedangkan untuk pengobatan luar, Brugmansia juga sering digunakan untuk mengobati nyeri, orkitis, sakit kepala, artritis, dermatitis, infeksi, yang disediakan dalam bentuk sirup, salep, atau juga dilakukan secara transdermal daunnya pada kulit. Sebenarnya, selain untuk pengobatan luar, bisa juga digunakan sebagai pengobatan dalam, seperti untuk sakit perut, atau mengusir cacing serta parasit, akan tetapi penggunaan untuk bagian dalam tubuh ini sangat jarang sekali dilakukan dikarenakan bahayanya yang sangat tinggi saat dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa semua bagian dari tanaman Angel's trumpet ini adalah beracun, termasuk biji dan daunnya.

Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan

Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan

Lalu apa keistimewaannya?

Ada satu macam zat yang terkandung dalam bunga Angel's trumpet ini yang seringkali disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dikarenakan zat tersebut mirip seperti efek dari semacam obat bius yang dapat menimbulkan halusinasi bagi yang menghisapnya. Zat tersebut bernama skopolamin. Skopolamin merupakan obat antikolinergik yang memiliki efek seperti membius seseorang. Hal inilah yang memicu para penjahat untuk menggunakannya saat merampok dan melakukan penyerangan di Colombia.

Seperti yang pernah diberitakan oleh VBS TV pada tahun 2007, para penjahat Colombia menggunakan ekstraksi skopolamin yang mereka dapatkan dari tanaman Brugmansia, lalu mereka memakainya untuk membuat mangsa mereka tidak sadarkan diri. Dikarenakan skopolamin bisa dengan cepat diserap melalui kulit ataupun selaput lendir, maka hal ini memungkinkan para penjahat yang menggunakannya dengan cara meniupkan bentuk serbuknya langsung ke wajah seseorang yang menjadi korban mereka. Dalam sebuah riset menemukan bahwa sebenarnya bagi mereka yang terkena pengaruh dari skopolamin ini sepenuhnya sadar tapi tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka seperti kehilangan jiwa. Itulah mengapa di Colombia, obat dari tanaman ini dikenal sebagai “devil's breath” atau “nafas setan”, yang sanggup merenggut jiwa siapa pun korbannya.

Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan

Angel's Trumpet, Bunga Cantik yang Mematikan

Untuk itu, jika Anda berpikir ingin memelihara Angel's trumpet ini sebagai tanaman hias di pekarangan rumah Anda, sebaiknya berpikirlah terlebih dahulu. Bunga ini sangat mematikan. Sudah banyak korban yang direnggutnya di berbagai belahan dunia. Korban tersebut terutama para remaja yang penasaran setelah mendengar efek dari halusinasi yang ditimbulkan oleh bunga tersebut. Bahkan tidak sedikit dari para korbannya itu hingga kehilangan memori mereka. Dan terus menerus dihantui oleh mimpi buruk aneh yang membuat mereka menderita bahkan menjadi gila.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 komentar:

  1. lebih cocok dengan nama Devil's Breath yah dari pada Angel's Trumpet

    BalasHapus
  2. Bunganya cantik memang. Saya menjumpainya di banyak vila di daerah Bandungan, Semarang. Saya pernah menginap di salah satu vilanya.

    Jadi jangan pandang remeh sebuah bunga, belum tentu yang kelihatan cantik itu baik hati. Beberapa bunga tertentu kelihatan cantik, tapi justru ia dapat membawa petaka, dapat menyebabkan keracunan bagi siapa saja yang berusaha untuk menyentuhnya. Tetapi beberapa bunga tertentu meskipun tidak cantik tetapi bermanfaat karena khasiatnya sebagai obat. Banyak obat dari bunga tertentu yang dipandang tidak cantik bahkan bau yang tidak sedap seperti pada umunya bunga.

    Dari beberapa pengamatan saya banyak bunga yang kelihatan liar tetapi tetap kelihatan cantik meskipun orang sering tak acuh padanya. Bunga-bunga ini sering direndahkan statusnya. Karena tak dikenal meskipun ada di sekitar kita maka banyak orang pun tak mengetahui namanya. Mereka cenderung membinasakan jika mendapatinya, meskipun mungkin belum tentu jahat, bahkan malah bermanfaat.

    Baca link berikut ini: http://cauchymurtopo.wordpress.com/2012/11/16/meskipun-liar-tapi-tetap-cantik/

    BalasHapus
  3. @JIM: itu julukannya JIM, namanya tetep Angel, tp julukannya Devil.. hehe :D

    @Meskipun liar: wah, mksh sob atas info dan masukannya, sangat setuju sekali denganmu, memang ada saja beberapa tanaman atau bunga liar yg tdk sama sekali ada yg tahu keberadaan serta namannya, akan tetapi memiliki manfaat dan khasiat yg sangat tinggi utk kesehatan. begitu pun sebaliknya. jadi intinya sih, jangan memandang dari rupa luarnya saja, tapi lihat isinya. ^_^
    mksh linknya

    BalasHapus
  4. seperti kata mas Tukul Arwana:
    "don't look the book just on the cover!"
    ^_^
    jujur, saya baru tau tentang bunga Angel ini

    BalasHapus
  5. waduh, bunga terompet itu berbahaya toh? di pekarangan sekitar rumahku ada loh mas.. musti saya berantas nih..

    BalasHapus