Luar Biasa, Ternyata Hydra Bisa Hidup Abadi


Sabtu, 26 Desember 2015
Label:

[Sains Box] Sekelompok invertebrata yang dikenal bernama 'hydra' ternyata memiliki kemampuan unik untuk meregenerasi diri mereka tanpa batas. Makhluk hidup yang memiliki nama mirip mitologi Yunani ini, hydra adalah termasuk bentuk polip air tawar yang menyerupai organisme seperti tabung tipis dengan tentakel yang menonjol dari satu ujung.

Apa yang membuat mereka sangat menarik adalah kenyataan bahwa mereka selalu tampil tidak bertambah tua meskipun usia mereka terus bertambah. Bahkan mereka tidak memiliki batasan jumlah waktu untuk tetap dapat hidup.

Luar Biasa, Ternyata Hydra Bisa Hidup Abadi

Baca Juga:

Seorang pakar Biologi, Daniel Martinez, yang awalnya memulai penelitian sejak bertahun-tahun yang lalu untuk membuktikan bahwa makhluk-makhluk luar biasa masih harus punah karena proses penuaan, namun akhirnya ia harus mengaku kalah.

"Saya percaya bahwa hydra merupakan individu yang dapat hidup selamanya dalam situasi yang tepat," katanya.

Kunci untuk umur panjang tak terbatas mereka tampaknya menjadi kenyataan bahwa tubuh mereka sebagian besar terdiri dari sel-sel induk yang mampu melakukan pembelahan terus menerus dan diferensiasi tanpa batas. Pada manusia, kita selalu kehilangan sel-sel ini dalam beberapa hari pertama perkembangan embrio, sedangkan hydra menjaga mereka tanpa batas. Sungguh luar biasa.

Luar Biasa, Ternyata Hydra Bisa Hidup Abadi

"Saya berharap penelitian ini membantu memicu ilmuwan lain untuk melihat lebih dalam pada keabadian," kata Martinez. "Mungkin pada beberapa organisme lain dapat memberikan titik terang untuk mengungkap misteri penuaan ini.”

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar