Misteri Potret Lain Tersembunyi Di Lukisan Mona Lisa?


Jumat, 11 Desember 2015
Label:

[Sains Box] Membahas lukisan fenomenal yang satu ini tak pernah ada habis-habisnya, selalu saja ada pendapat-pendapat para pengamat seni yang mencoba membongkar rahasia apa yang tersembunyi dalam lukisan Mona Lisa, hingga menjadi sebuah karya seni yang paling terkenal dan fenomenal sampai saat ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Ilmuwan asal Perancis, Pascal Cotte yang mengemukakan bahwa karya Da Vinci tersebut mungkin tidak sama dengan apa yang tampak. Senyum misterius Mona Lisa adalah sebuah gambaran yang akrab di seluruh dunia, namun di bawah sapuan kuas mungkin terdapat gambar yang sama sekali berbeda yang tetap tersembunyi selama berabad-abad lamanya.

Ada Potret Lain Tersembunyi Dibalik Lukisan Mona Lisa?

Baca Juga:

Cotte telah menghabiskan waktu sepuluh tahun dari bagian hidupnya untuk mempelajari setiap inci dari sapuan kuas Mona Lisa menggunakan berbagai macam teknik yang canggih. Salah satunya, yang melibatkan cerminan gelombang cahaya dari kanvas, telah berhasil mengungkap kemungkinan adanya empat buah gambar yang berbeda dicat bawahnya. Tertumpuk dan lain dengan gambaran yang terlihat.

Salah satunya, yang berhasil tampak adalah sebuah potret seorang wanita yang berbeda dengan yang ada di lukisan itu, yang mungkin adalah sosok Mona Lisa yang sebenarnya, yaitu seorang wanita dengan nama Lisa Gherardini. Penemuan ini membuka kemungkinan bahwa wanita dengan senyum yang terkenal di dunia tersebut mungkin tidak benar-benar menjadi dirinya sama sekali tetapi orang lain yang sepenuhnya.

Berikut ini potret wanita yang tersembunyi itu:

Ada Potret Lain Tersembunyi Dibalik Lukisan Mona Lisa?

Ada Potret Lain Tersembunyi Dibalik Lukisan Mona Lisa?
Siapa wanita ini?

Cotte menyatakan bahwa tidak ada cara konkret untuk menentukan berapa banyak waktu berlalu antara penambahan setiap lapisan yang berarti berada di dalam citra sosok yang terlihat, mungkin telah dimasukkan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum lukisan itu selesai.

Namun tidak semua orang setuju dengan interpretasi nya tersebut.

"Sebuah penampilan luar yang berbeda tidak mengarah 100 persen menjadi hipotesis bahwa ini adalah dua orang yang berbeda," kata peneliti Claus-Christian Carbon. "Saya cukup skeptis, karena saya pikir hipotesis minimal selalu yang terbaik, dan itu hanyalah sebuah potret yang berubah sedikit."

Hmmm, bagaimana menurut Anda? Siapakah sosok potret wanita yang bersembunyi dibalik lukisan Mona Lisa tersebut? Apakah Anda setuju dengan pendapat Pascal Cotte? Apapun jawabannya, mungkin hanya Da Vinci saja yang tahu.

Penasaran dengan pendapat Cotte? Yuk intip videonya:

VIDEO MONA LISA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar