Dinosaurus Gunakan Tarian untuk Menarik Pasangan


Sabtu, 09 Januari 2016
Label:

[Sains Box] Seperti burung modern, dinosaurus juga ternyata melakukan beberapa gerakan tarian dalam rangka untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Para ilmuwan telah lama menduga bahwa beberapa dinosaurus menggunakan bulu berwarna-warni dan jambul di kepala untuk menarik pasangannya, dan sekarang bukti baru telah ditemukan mendukung pendapat tersebut dalam bentuk jejak kaki yang diyakini telah ditinggalkan oleh dua dinosaurus therapod ketika terlibat dalam ritual menari.

Dinosaurus Gunakan Tarian untuk Menarik Pasangan

Baca Juga:

Jejak kaki tersebut dianalisis menggunakan teknik scanning 3D agar tidak merusaknya, ditemukan dalam batu pasir yang berusia 100-juta tahun di Colorado barat.

"Mereka jelas sangat aktif dan mungkin didorong oleh rasa kegembiraan musim kawin," kata pemimpin proyek Martin Lockley dari University of Colorado.

"Ini adalah ciri khas dari beberapa jenis burung. Bukti mengikis luas menunjukkan banyak aktivitas energi yang tinggi. Jika burung kecil saja merasa senang ketika masa pembiakan, bayangkan apa yang terjadi pada theropoda besar!"

Spesies yang diduga terlibat dalam ritual ini adalah Acrocanthosaurus, raksasa pemakan daging berkaki dua yang tumbuh hingga 38 kaki panjangnya dan memiliki berat tubuh hampir 6,8 ton.

"Jantan adalah pemeran utama, setidaknya pada burung saat ini," kata Lockley. "Hal ini tampaknya menjadi perilaku hormon dan didorong naluri dari musim kawin untuk menarik pasangan."

Wah wah, jadi ngebayangin gimana ya tarian para dinosaurus ini?? Pasti heboh... ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar