Mawar Cyborg ini Miliki Sirkuit Kabel Tumbuh Sendiri


Minggu, 22 November 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan kini mulai merambah ke dunia cyberplants, dimana mereka mulai mengembangkan bentuk-bentuk tanaman robot cyborg canggih yang melekat di dalam tubuh tanaman asli dan ikut tumbuh bersama tubuh mereka. Sirkuit elektronik kecil berulir ditanamkan ke dalam tubuh bunga-bunga mawar yang masih segar dan hidup.

Gagasan ini berasal dari para peneliti di Universitas Linköping di Swedia, mereka menciptakan cyberplants aneh melalui pengenalan polimer elektronik kecil yang kemudian merakitnya di dalam sistem vaskular tubuh tanaman mawar.

Tim peneliti membutuhkan lebih dari satu dekade untuk mendapatkan hasil yang benar, paling tidak karena setiap bahan elektronik yang mereka coba tidak memiliki cacat yang nantinya dapat berefek negatif pada tanaman.

Mawar Cyborg ini Miliki Sirkuit Kabel Tumbuh Sendiri

Baca Juga:

Mereka akhirnya berhasil dengan varian dari poli polimer organik (3,4-ethylenedioxythiophene).

Para peneliti percaya bahwa teknik ini suatu hari memungkinkan untuk memantau dan mengontrol bunga, misalnya, mengatakan kepada mereka untuk mekar atau untuk melepaskan hormon pada waktu tertentu.

"Jika kita menggabungkan sensor dengan perangkat pengiriman, kita bisa membuat sistem saraf untuk merekam dan merasakan dan mengatur fisiologi tanaman," kata rekan penulis studi, Magnus Berggren.

Apakah sistem tersebut akan berkembang ke tanaman pangan juga? Kita tunggu saja hasil penelitian berikutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar