4 Cara Bulan Purnama Pengaruhi Kesehatan Tubuh


Kamis, 26 November 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Jika Anda seorang pengikut setia horoskop, Anda tahu bahwa jika bulan ternyata dapat mempengaruhi atau membaca penampilan bulanan Anda, bahkan tidak tanggung-tanggung bulan dapat menempatkan Anda berada dalam sesuatu yang besar.

‘Mercury in retrograde’ mungkin salah satu dari fase astrologi yang paling trendi saat ini. Tapi sebelum Mercury, ada bulan, dan selama ribuan tahun cerita rakyat serta mitologi menyalahkan orbit bulan untuk hal-hal yang aneh dan tidak bisa dijelaskan.

Sebenarnya ada lebih dari beberapa cara dimana bulan purnama ternyata benar-benar mempengaruhi kehidupan kita. Namun berikut ini adalah 4 besar diantaranya:

4 Cara Bulan Purnama Pengaruhi Kesehatan Tubuh
sumber gambar

1. Melindungi jantung Anda

Meskipun apa yang horoskop katakan tentang kehidupan cinta setiap tanda selama bulan purnama, mungkin menjadi hal yang baik untuk otot jantung Anda. Para peneliti dari Rumah Sakit Pusat Augsburg, Jerman, mempelajari 16.000 pasien jantung dan menemukan bahwa ada penurunan yang signifikan dalam serangan jantung dalam tiga hari setelah bulan baru. Mengapa? Bisa saja hal ini ada hubungannya dengan gaya gravitasi. Tarikan gravitasi dari bulan dan Bumi adalah yang terkuat saat bulan purnama dan bulan baru, dan ini bisa memiliki efek menguntungkan pada sirkulasi dan jantung.

Baca Juga:

2. Mengontrol siklus Bulanan Anda

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, peneliti melihat siklus menstruasi dari 826 wanita sehat. Saat bulan purnama, 28 persen wanita memulai siklus mereka, dibandingkan dengan proporsi 8-12 persen wanita yang memulainya selama fase lain dari bulan. Studi ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan siklus lunar dan siklus menstruasi perempuan, namun para peneliti masih belum dapat menjelaskan mengapa tepatnya bulan mempengaruhi hormon.

3. Membantu Anda pulih lebih cepat

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Rhode Island, pasien yang menjalani operasi pada saat bulan purnama setelah operasi selesai pasien tinggal di rumah sakit rata-rata hanya 10 hari, dibandingkan ketika fase bulan yang lain pasien memiliki prosedur yang sama ternyata membutuhkan pemulihan hingga 14 hari.

4. Mengganggu tidur Anda

Ilmuwan tidur Swiss mempelajari 31 mata pelajaran selama siklus bulan penuh dan menemukan bahwa selama bulan purnama butuh waktu lama untuk tertidur, mereka tidur 20 menit lebih sedikit, dan memiliki 30 persen lebih sedikit waktu dalam modus tidur nyenyak.

Jika Anda membayangkan itu sulit untuk dapat tertidur hanya karena kecerahan ekstra dari bulan purnama, maka pikirkan lagi sebab Peneliti studi tidur melakukan penelitiannya berlangsung di kamar dengan nol paparan cahaya luar. Tidak ada pintu, juga jendela, dan pasti tidak ada cahaya bulan. Peneliti bahkan memimpin untuk menunjukkan bahwa selain ritme sirkadian, manusia juga memiliki irama circalunar. Namun efeknya pada kesehatan dan kebiasaan tidur kita tidak dapat dijelaskan

Meskipun keempat hal di atas terdengar gila, memang tidak ada bukti pasti bahwa bulan benar-benar mempengaruhi emosi atau kesehatan psikologis kita. Akan tetapi itu tak terbantahkan bahwa planet yang mengorbit berperan serta dalam kehidupan dan kesehatan sehari-hari kita. Jadi masuk akal juga jika kita berasumsi bahwa bulan dapat mempengaruhi hati dan sirkulasi kita, siklus tidur, siklus menstruasi bahkan hormon tubuh kita, serta cara tubuh kita beregenerasi. Jika semua itu mungkin, maka mungkin juga bulan memiliki efek pada emosi kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar