Dinosaurus Punah Karena Asteroid dan Super Volcano


Minggu, 04 Oktober 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Dampak asteroid yang memusnahkan dinosaurus mungkin juga menghasilkan aktivitas vulkanik yang intens. Lenyapnya dinosaurus tetap menjadi salah satu yang paling misteri dalam ilmu pengetahuan, berbagai macam spekulasi serta teori-teori pun bermunculan. Salah satu dari teori yang menjanjikan adalah adanya periode vulkanisme intens yang memunculkan awan abu dan debu panas sehingga menyelimuti langit dan menyapu dinosaurus kala itu. Atau, mungkinkah antara datangnya asteroid bersamaan dengan aktivitas vulkanisme? Itu mungkin saja.

Para ilmuwan yang menyelidiki wilayah gunung berapi super di India yang dikenal sebagai Deccan Traps telah menemukan bahwa aktivitas gunung berapi di wilayah tersebut memiliki dua kali lipat intensitas dengan jarak yang relatif singkat ditambah dengan adanya dampak asteroid yang diyakini bertanggung jawab untuk memusnahkan dinosaurus.

Dinosaurus Punah Karena Asteroid dan Super Volcano

Baca Juga:


"Berdasarkan data-data lava yang kami dapatkan cukup yakin bahwa vulkanisme dan dampaknya terjadi dalam 50.000 tahun yang lalu menyebabkan kepunahan," kata Paul Renne dari University of California.

"Kedua fenomena yang jelas terjadi di tempat kejadian pada waktu yang sama. Hal ini akan menjadi dasar yang mungkin untuk menimbulkan efek atmosfer yang mempengaruhi satu sama lain."

Setelah mengalami dua bencana alam simultan itu, tidak mengherankan bahwa dinosaurus tidak bertahan, nyawa mereka pun dipertaruhkan.

Dinosaurus Punah Karena Asteroid dan Super Volcano
sumber gambar

"Skenario yang kami simpulkan ini, mengenai dampak memicu adanya vulkanisme dari efek asteroid telah menjadi penyelesaian dari apa yang sebelumnya telah muncul menjadi kebetulan yang tak terbayangkan," kata Profesor Mark Richards.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar