Misteri Semut Yang Bereaksi Pada Ponsel Berdering


Senin, 07 September 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah video baru-baru ini telah diunggah ke YouTube berhasil menarik perhatian bukan hanya netizen akan tetapi para ilmuwan ahli biologi. Dalam video yang berdurasi hanya 0:21 detik itu menunjukkan sekelompok semut yang tampaknya bereaksi terhadap ponsel berdering.

Pada awal rekaman, semut terlihat berjalan biasa di sekitar ponsel dengan sembarangan tanpa membentuk pola yang jelas, tetapi ketika ponsel tersebut mulai berdering, mendadak semut-semut tersebut berubah membentuk pola lingkaran di sekitar ponsel. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa yang membuat semut-semut itu bergerak mengelilingi ponsel? Apakah bunyi ringtone yang mempengaruhinya?

Misteri Semut Yang Bereaksi Pada Ponsel Berdering

Baca Juga:


Sejak kemunculan video ini secara online, telah menarik banyak perhatian, sehingga banyak pengguna internet berspekulasi dengan apa yang mungkin bertanggung jawab atas perubahan perilaku semut tersebut.

Salah satu kemungkinannya adalah bahwa serangga semut yang sensitif terhadap radiasi elektromagnetik berasal dari telepon.

"Semut memiliki reseptor magnet di antena mereka," kata Nigel Andrew dari University of New England. "Jika mereka sedang bepergian jarak jauh mereka menggunakan isyarat magnetik dari bumi untuk mengetahui ke arah mana mereka berjalan, apakah mereka akan utara, timur, selatan atau barat."

Spesialis serangga sosial, Simon Robson dari James Cook University mengecilkan teori ini, ia lebih mendukung gagasan bahwa semut hanya seringkali rentan bergerak berputar-putar di sekitar banyak hal dan bahwa mereka bisa melakukan hal ini tidak peduli ponsel berdering ataupun tidak.

Lalu menurut seoarang pakar Entomologi, Sanford Porter mengemukaan pendapat bahwa semut mengikuti satu sama lain dengan mendeteksi "jejak feromon" dan dalam kasus ini, bahan kimia ini terjadi telah membentuk pola circular (lingkaran).

Namun, dari sekian banyak kemungkinan, ada juga kemungkinan bahwa video tersebut dibuat dengan menggunakan sedikit tipuan yang cerdas (hoax). Namun, jika Anda penasaran, silahkan Anda coba sendiri di rumah. Gunakan ringtone yang sama ya..

Berikut video semut yang menghebohkan itu:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar