Asteroid Besar Akan Lewati Bumi di Perayaan Halloween


Kamis, 22 Oktober 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah mengumumkan adanya asteroid berkecepatan tinggi akan beruntun melewati planet Bumi pada akhir bulan ini (tepat perayaan Halloween berlangsung). Asteroid tersebut memiliki ukuran diameter sepanjang 470 meter, dan akan melewati planet kita dalam jarak 310.000 mil dari Bumi, sekitar 30 persen lebih jauh daripada orbit bulan.

Diyakini menjadi bagian dari sebuah komet yang rusak, objek tersebut akan terlihat dengan teleskop saat melintasi konstelasi Orion dan akan menjadi asteroid yang diketahui terbesar terbang dalam jarak yang dekat dengan Bumi.

Asteroid Besar Akan Lewati Bumi di Perayaan Halloween

Baca Juga:

Namun, untuk sementara jarak dekat dari asteroid masih dibilang aman dan tidak berdampak ancaman bagi planet kita. Dengan adanya penemuan asteroid yang secara tiba-tiba dalam waktu sepuluh hari sebelum pendekatan pada planet kita telah menyuarakan keprihatinan atas kemampuan manusia untuk mendeteksi benda-benda yang berpotensi berbahaya bagi planet Bumi. Sementara teknologi canggih yang mampu menahannya belum tersedia.

Adapun teknik yang bisa dilakukan adalah teknik defleksi asteroid. Teknik ini bisa memungkinkan untuk mengubah arah asteroid besar yang posisinya masih sangat jauh bukan ditemukan dalam jarak yang sudah dekat, metode tersebut merupakan salah satu yang terbaik yang dimiliki oleh kita dalam mengatasi objek-objek yang mendekati kita.

Administrator NASA, Charles Bolden, pernah menyimpulkan kekhawatiran ini sejak pembicaraan yang dilakukannya pada tahun 2013 yang lalu.

"Dari informasi yang kami miliki, kami tidak tahu apakah asteroid tersebut akan mengancam populasi Amerika Serikat atau tidak," katanya. "Tapi ia datang hanya dalam waktu tiga minggu,... maka berdoalah."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar