Menguak Misteri Lagu 'Takdir' Hipnotis Pendengarnya


Sabtu, 15 Agustus 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebenarnya, yang membuat sebuah lagu menjelma menjadi apa dan seperti apa dirasakan oleh pendengarnya adalah musik. Iringan musik sebuah lagu dapat mengubah nuansa lagu itu sendiri. Jika lagunya sendu lalu diiringi dengan musik keras, otomatis, hilang kesenduannya. Begitu pun sebaliknya, jika lagu sendu diiringi dengan musik sendu pula maka hasilnya akan sangat luar biasa sekali, bahkan nuansa sendu yang tercipta pada lagu itu akan dapat mempengaruhi bahkan menghipnotis para pendengarnya.

Bicara soal lagu yang dapat mempengaruhi pendengarnya, saya jadi teringat dengan lagu Takdir yang pada tahun 2012 hingga 2013 kemarin pernah menghebohkan dunia maya. Pasalnya ada yang bilang siapa pun yang memutar dan mendengarkan lagu tersebut akan membuatnya terpengaruh hingga pikirannya menjadi kosong seperti orang gila dan bahkan dapat memanggil hantu arwah penasaran. Hmm.. kedengarannya tidak masuk di akal, tapi kalo musik dapat mempengaruhi otak memang menurut para peneliti itu dibenarkan. Bahkan, bayi yang masih dalam kandungan pun, jika diperdengarkan musik tertentu akan dapat mempengaruhi perkembangan otaknya.

Menguak Misteri Lagu Takdir Hipnotis Pendengarnya

Baca Juga:


Akan tetapi, jika sebuah lagu dapat memanggil arwah penasaran. Saya tidak terlalu mempercayainya. Entah cerita ini berawal dari mana. Namun cerita ini telah mendorong rasa penasaran saya untuk membuktikannya sendiri. Apa iya, sebuah lagu bisa memanggil arwah orang yang sudah tiada?

Maka, kemarin malam tepat malam jumat (kliwon lagi) awalnya saya tidak tahu kalau malam kemarin adalah malam Jumat kliwon. Sebelum tengah malam, saya hanya memutar lagu-lagu lain, begitu melihat jarum jam menunjukkan pas pukul 00:00 tengah malam, tidak ada niatan sebenarnya saya ingin memutar lagu itu hanya saja jari ini seolah-olah terdorong oleh sesuatu untuk memutar lagu itu. Akhirnya lagu yang konon judulnya “Takdir (Tak Akan Kehilangan Dirimu)” yang menyimpan misteri itu pun mengalun perlahan melalui headset ponselku dengan volume yang cukup keras. Di dalam kamar dengan suasana malam yang sepi membuat lagu itu memang cukup menyeramkan. Lagu ini sebenarnya sudah sejak lama saya miliki. Namun hampir tidak pernah dicoba untuk diputar tengah malam. Hanya siang hari saja bahkan saya sering memutarnya siang hari. Namun malam itu saya mencoba memutarnya untuk pertama kalinya. Di awal lagu musiknya terkesan agak menyeramkan, bahkan jujur saya merinding di awal lagu. Semakin ke tengah lagu nuansa sedihnya benar-benar bisa merasuki pikiran kita jika mood kita yang mendengarkan pun sedang merasakan hal yang sama. Dan diakhir lagu kembali musik menyeramkan itu membuatnya semakin terasa mistis. Selesai memutarnya, tidak ada apapun yang saya rasakan. Hanya nuansa sedih lagu itu masih terus membayang. Selebihnya tidak ada apapun.

"Ah, ternyata tidak ada apa-apa dalam lagu itu," pikir saya.

Tapi, kalau saya disuruh menilai lagu itu. Saya acungin jempol untuk si penciptanya. Lagu tersebut aransemennya bagus sekali. Semuanya nampak menyatu, baik lirik, syair, nada, musik, dan vokalis yang membawakannya benar-benar menghayati, sehingga memang benar saja jika lagu ini didengar oleh orang-orang yang sedang mengalami situasi yang sama maka bisa saja terpengaruh.

Untuk penciptanya sendiri, konon ada yang bilang bernama Ryo Dito seorang personil band indie di daerah Pati. Namun, informasi mengenainya pun masih sedikit. Sehingga masih membuat rasa penasaran. Yang dipertanyakan adalah, "Mengapa lagu yang bagus seperti ini harus terkenal sebagai lagu yang bernilai negatif?"

Menguak Misteri Lagu Takdir Hipnotis Pendengarnya

Jadi menurut saya, kesimpulan tentang lagu Takdir adalah:
  • Lagu ini adalah lagu biasa yang tidak berkaitan dengan pemanggilan arwah
  • Alunan musik dalam lagu ini memang bisa mempengaruhi pendengarnya, jika pendengarnya memiliki kondisi yang sama dalam cerita lagu, atau si pendengar sedang galau, kalut, sedih, kehilangan, dan bahkan stres. Jadi disarankan jangan memutar lagu ini jika kondisi Anda tidak dalam keadaan yang stabil. Apalagi mendengarkannya sambil melamun.
  • Sosok hantu Lita yang heboh dibicarakan itu TIDAK ADA!
  • Ini karya luar biasa dari seorang musisi anak bangsa yang seharusnya tidak berakhir dalam cerita suram seperti ini.

Untuk itu, siapa pun Anda yang merasa menjadi pencipta dan pemain lagu Takdir, saya pribadi mengucapkan salut untuk Anda. Teruslah berkarya.

Bagi yang ingin tahu lagunya, silahkan searching saja di google ya... ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Ini mah lagunya Rezso Serres yang dimainin anak band ga jelas terus syairnya d ubah menjadi Indonesia. Hadew.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya
      judulnya yg aslinya apa tuh blh tau? Saya mau cari lagu aslinya, penasaran

      Hapus