NASA Rilis Video Tentang Sisi Gelap Bulan


Jumat, 07 Agustus 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Mendengar kata "dark side of the moon", saya jadi teringat dengan salah satu judul film Transformers. Namun sisi gelap bulan kali ini bukan menceritakan tentang adanya alien robot yang bersembunyi di bulan, melainkan video baru NASA yang memperlihatkan sisi bulan ketika melintas di depan Bumi. Saat posisi unik tersebut bulan nampak gelap gulita.

Hampir semua orang akan pergi keluar pada malam yang cerah untuk sekedar menatap bulan setidaknya sekali selama hidup mereka, namun apa yang tidak bisa dilihat dari permukaan Bumi adalah sisi bulan yang menghadap jauh dari kita, sisi inilah yang disebut sebagai 'sisi gelap' yang secara permanen tersembunyi dari pandangan mata kita di Bumi.

NASA Rilis Video Tentang Sisi Gelap Bulan
Photo Credit: NASA

Baca Juga:


Kini, dengan adanya video baru yang dirilis NASA akan dapat menjawab rasa penasaran kita terhadap sisi gelap bulan. NASA secara mengesankan berhasil mengungkap sisi lain bulan saat melintasi planet kita berkat satelit Deep Space Climate Observatory, sebuah pesawat ruang angkasa yang mengorbit pada jarak satu juta mil dari Bumi.

Dengan menggunakan kamera pencitraan polikromatik Bumi (Earth Polychromatic Imaging Camera / EPIC) probe tersebut dirancang untuk pengawasan ketat planet kita dalam pemantauan iklim dan untuk membantu memprediksi cuaca ruang angkasa.

Untuk pertama kali sisi jauh bulan ini sebenarnya telah dilihat pada tahun 1959 oleh pesawat ruang angkasa Soviet Luna 3.

"Hal ini sungguh mengejutkan, begitu banyak sisi terang Bumi daripada Bulan," kata pihak NASA, Adam Szabo. "Planet kita adalah objek yang benar-benar brilian dalam ruang gelap dibandingkan dengan permukaan bulan."

Penasaran, seberapa hebatnya Bumi bersinar dalam gelap dibandingkan Bulan? Lihat videonya berikut ini:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(sky)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar