Misteri Sindrom Bayangan Hantu pada Pasien Mata


Kamis, 11 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan di University of Liverpool baru-baru ini melakukan penelitian terbesar untuk meneliti sebuah kondisi yang dikenal dengan nama Phantom Eye Syndrome (PES) di mana mereka yang disurvei melibatkan sebanyak 239 pasien yang telah kehilangan salah satu dari mata mereka akibat kanker.

Konon katanya, orang-orang yang telah kehilangan salah satu mata mereka tersebut seringkali melaporkan mengalami sensasi visual yang aneh serta munculnya gambaran hantu.

Misteri Sindrom Bayangan Hantu pada Pasien Mata

Baca Juga:

Kondisi seperti ini juga dialami oleh pasien yang diamputasi anggota tubuh mereka, seringnya mereka merasakan sensasi di mana tangan atau kaki mereka diamputasi dulu. Kejadian seperti ini, adalah sebuah fenomena yang dikenal sebagai 'phantom limb', tapi kondisi seperti ini tentu berbeda dengan yang dialami oleh pasien yang kehilangan matanya. Sebab yang dirasakan adalah munculnya fenomena penampakan seperti hantu. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa total 60% dari mereka bertanya saat mengalami gejala mulai dari rasa sakit dan sensasi visual, yang dijelaskan sebagai bentuk halusinasi yang disebabkan oleh mata yang hilang.

Visi ini terkadang membentuk gambar orang berdiri di depan pandangan pasien.

"Kami sekarang dapat mengatakan, apakah jenis tertentu pasien lebih mungkin untuk memiliki gejala hantu," kata psikolog Laura Hope-Stone. "PES lebih sering terjadi pada pasien yang lebih muda, sedangkan yang memiliki rasa sakit di mata, itu kemungkinan dikarenakan pasien yang cemas dan depresi."

Penyebab pasti dari gejala-gejala yang aneh ini tetap menjadi misteri.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. apakah mungkin itu hantu beneran mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru karena msh misteri sob, jd blm ketauan itu hantu atau cm halusinasi... kalo menurut saya sih, halusinasi aja itu, yg muncul diakibatkan terpengaruh karena matanya yg hilang

      Hapus